Isi Bensin Motor Full Tank Ternyata Gak Bagus, Kok Bisa?

Motor Isi Bensin di SPBU.
Sumber :
  • Antara.

VIVA Otomotif –  Bagi sebagain pemilik motor terkadang mengisi bensin dengan penuh atau biasa dikenal istilahnya full tank. Alasannya, agar tak perlu bolak-balik mengisi bensin secara sering ke SPBU dan alasan lainnya.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Mengisi tangki bensin dengan penuh tentu tidak ada salahnya, namun tahukah Anda bahwa kebiasaan mengisi bensin hingga kepenuhan ternyata banyak ruginya?, seperti dilansir dari situs Suzuki Indonesia.

Di saat Anda sedang mengisi bensin sepeda motor,  Nozzle akan dimasukkan ke lubang tangki dan kemudian cairan bensin akan masuk ke dalamnya. Kerap kali kita mendapati nozzle mendadak berhenti sendiri dan terdengar bunyi flop.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Hal tersebut merupakan penanda bahwa pengisian sudah penuh dan Anda tak perlu menambahkan bensin lagi supaya tetap ada space atau ruang kosong pada tangki.  Apa manfaat menyisakan sedikit ruang di tangki bensin? Ini ada hubungannya dengan dampak jika Anda mengisi bensin kepenuhan antara lain:

1.Bensin yang mengalir dari selang nozzle bisa terhisap lagi ke tangki SPBU. Dengan kata lain, bensin yang sudah terisi dan Anda bayar malah bisa terbuang percuma. Ini karena mesin pengisian mesin pengisian bahan bakar telah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern.

Punya Audio Mobil Bagus Tidak harus Mahal

Selang ini bisa mendeteksi bensin yang diisikan sudah penuh, sehingga dengan otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang luber dari lubang tangki. Alih-alih mengirit, Anda malah jadi membayar percuma bensin yang kepenuhan tadi.

2.Untuk proses pembakaran yang maksimal, bensin butuh ruang agar bisa mengembang. Ini yang jadi alasan kenapa setiap tangki bensin memiliki lubang. Fungsi lubang ini adalah untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki.

Motor Isi Bensin di SPBU.

Photo :
  • Antara.

Jadi ketika tidak ada ruang sama sekali pada tangki, maka gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut malah akan keluar dari tangki lewat selang. Dengan kata lain bensin yang sudah Anda isi penuh tadi hanya akan terbuang percuma juga dan tidak terpakai.

3.Dampak lainnya mungkin lebih bersifat jangka panjang. Uap bensin yang tumpah ketika Anda mengisi bensin hingga luber ke luar tangki akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara. Apalagi jika bensin tersebut malah tumpah-tumpah, tak hanya jadi boros karena harus membayar bensin yang terbuang percuma, Anda juga malah jadi ikut mencemari lingkungan.

Inilah alasan, mengapa sebaiknya Anda jangan mengisi bensin pada tangki sepeda motor sampai kepenuhan. Isilah secukupnya, jangan berlebih dan jangan juga membiarkan tangki bensin kosong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya