6 Hal yang Wajib Diperiksa Pengguna Motor Saat Musim Hujan

Berkendara motor di musim hujan
Berkendara motor di musim hujan
Sumber :

VIVA Otomotif – Pada akhir bulan September 2022 ini, hujan telah mengguyur beberapa daerah di Indonesia, para pengguna motor harus lebih rajin lagi mengecek part atau komponen, agar motor yang digunakan tetap dalam kondisi prima.

Menurut Muslim, Manager Service Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brother mengatakan, menghadapi kondisi hujan bagi pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati saat di jalan. Tidak hanya itu perawatan motor juga harus dilakukan.

“Perawatan motor harus dilakukan di musim hujan agar terhindar dari kondisi yang mengganggu fungsi motor untuk digunakan beraktifitas,” bilang Muslim dikutip VIVA Rabu 28 September 2022.

Ilustrasi pengendara motor kehujanan.

Ilustrasi pengendara motor kehujanan.

Photo :
  • U-Report

Berikut 6 hal yang wajib diperhatikan pengguna motor saat musim hujan:

1. Kebersihan
Disarankan motor dibilas setelah terkena hujan. Selain membuat kondisinya lebih bersih, dan enak dipandang, tujuan lainnya agar terhindar dari gangguan pasir atau kotoran-kotoran yang dapat merusak beberapa komponen.

2. Ban
Kondisi ban, mulai dari tekanan angin dan tapaknya dicek. Diharapkan kondisi tekanan ban tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah, serta pastikan ban tidak gundul agar terhindar dari sliding.