Jarang Diketahui, Begini Cara Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara

Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA Otomotif – Pemerintah Indonesia secara resmi menaiki harga bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi jenis Pertalite dan Solar. Adanya kenaikan harga, membuat banyak pemilik kendaraan khususnya menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat. 

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Penting diketahui, ketika pemilik kendaraan khusus mobil untuk memperhantikan saat berkendara. Pasalnya, jika asal berkendara maka akan bisa membuat bahan bakar menjadi cepat boros. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna mobil tidak tahu cara mengendarai dengan baik.

Lantas, bagaimana cara berkendara mobil dengan baik? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Rabu 28 September 2022, ada beberapa cara mudah saat berkendara agar lebih irit pengguna bahan bakar. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Speedometer Suzuki Baleno 2017

Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

Pertama dengan menjaga kecepatan berkendara. Jika pengemudi melaju kencang otomatis akan membuat bahan bakar menjadi boros, dibandingkan berkendara dengan kecepatan 60-80 km per jam pasti bahan bakar akan jauh lebih irit dari pada memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Oleh karena itu, perhatikan kecepatan berkendara. Usahakan ketika berkendara tetap memperhatikan peraturan lalu lintas, dan jaga batas maksimum kecepatan, lantaran ada beberapa peraturan yang memiliki batas kecepatan, seperti Tol. Cara ini juga bisa dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan.

Cara kedua adalah menggunakan transmisi manual. Lakukan langkah ini saat berkendara menggunakan transmisi manual, lantaran bisa membuat kendaraan menjadi lebih irit bahan bakarnya. Hal ini dikarenakan pengendara diharuskan memindahkan gigi secara tepat. Kebiasaan pengendara yang belum mahir mengakibatkan terlambat dalam memindahkan posisi gigi yang menyebabkan bahan bakar menjadi boros.

Cara menghemat bahan bakar selanjutnya adalah dengan memaksimalkan engine brake saat akan mengurangi kecepatan berkendara. Hal ini akan menuntut pengendara mengetahui medan yang akan dilalui dan merencanakan kapan waktu terbaik untuk mengurangi kecepatan mesin. Bahkan bermanfaat untuk mengurangi penggunaan rem yang digunakan secara mendadak.

Terakhir yaitu perhatikan penggunaan AC. Saat komponen ini nyalakan dengan cara salah bisa jadi faktor boros BBM paling besar. Hal itu dikarenakan tenaga mesin sebagian besar akan diarahkan pada mesin AC, akibatnya konsumsi bahan bakar pun lebih banyak. 

Pemilik harus tahu bagaimana cara penggunaan AC secara efektif. Pertama, ketika melewati jalan tanjakan sebaiknya hindari menggunakan AC. Sehingga mesin mobil lebih kuat untuk berjalan. Kedua, nyalakan AC ketika udara dalam mobil tidak terlalu panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya