Jarang Diketahui, Begini Cara Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara

Mengisi bensin di SPBU.
Mengisi bensin di SPBU.
Sumber :
  • Daihatsu

VIVA Otomotif – Pemerintah Indonesia secara resmi menaiki harga bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi jenis Pertalite dan Solar. Adanya kenaikan harga, membuat banyak pemilik kendaraan khususnya menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat. 

Penting diketahui, ketika pemilik kendaraan khusus mobil untuk memperhantikan saat berkendara. Pasalnya, jika asal berkendara maka akan bisa membuat bahan bakar menjadi cepat boros. Hal ini disebabkan banyaknya pengguna mobil tidak tahu cara mengendarai dengan baik.

Lantas, bagaimana cara berkendara mobil dengan baik? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Rabu 28 September 2022, ada beberapa cara mudah saat berkendara agar lebih irit pengguna bahan bakar. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Speedometer Suzuki Baleno 2017

Speedometer Suzuki Baleno 2017

Photo :
  • VIVA.co.id/Jeffry Sudibyo

Pertama dengan menjaga kecepatan berkendara. Jika pengemudi melaju kencang otomatis akan membuat bahan bakar menjadi boros, dibandingkan berkendara dengan kecepatan 60-80 km per jam pasti bahan bakar akan jauh lebih irit dari pada memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Oleh karena itu, perhatikan kecepatan berkendara. Usahakan ketika berkendara tetap memperhatikan peraturan lalu lintas, dan jaga batas maksimum kecepatan, lantaran ada beberapa peraturan yang memiliki batas kecepatan, seperti Tol. Cara ini juga bisa dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan.

Cara kedua adalah menggunakan transmisi manual. Lakukan langkah ini saat berkendara menggunakan transmisi manual, lantaran bisa membuat kendaraan menjadi lebih irit bahan bakarnya. Hal ini dikarenakan pengendara diharuskan memindahkan gigi secara tepat. Kebiasaan pengendara yang belum mahir mengakibatkan terlambat dalam memindahkan posisi gigi yang menyebabkan bahan bakar menjadi boros.