Catatan Buat Wanita Pengguna Motor Agar Bisa Melakukan Ini

Tips standar dua motor untuk wanita
Sumber :
  • Yamaha

VIVA Otomotif – Standar menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah sepeda motor, baik jenis bebek, matik hingga motor gede. Fungsi dari standar sendiri adalah untuk menjaga kendaraan tetap tegak, ketika sedang diparkir.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Untuk motor kecil, standar yang dipasang ada dua. Satu di sisi samping, dan satu lagi di bagian tengah, atau biasa disebut standar dua. Jika difungsikan, maka standar samping akan membuat motor berdiri sedikit miring.

Standar tengah pada sepeda motor.

Photo :
  • Istimewa
Yamaha Mio Lawas Kembali Jadi Buruan Orang, Suku Cadang Aman Gak?

Sementara, standar tengah bisa membuat motor berdiri tegak. Standar jenis ini banyak dipakai terutama ketika motor diparkir dalam waktu lama, atau proses perawatan di bengkel.

Namun tidak semua pengguna motor sadar akan pentingnya, bisa mengoperasikan standar tengah dengan baik, terutama wanita yang kerap mengalami kendala ketika parkir.

Momen Kocak Maling Motor Bertato Video Call Emak saat Mau Digebuki Warga Koja

Tidak semua lahan parkir bisa menjaga motor dalam posisi aman hanya dengan menggunakan standar samping. Oleh sebab itu perlu menggunakan standar tengah untuk beberapa kondisi tertentu ketika parkir. 

Jika  menggunakan standar tengah maka tingkat kesimbangan lebih baik. Bahkan, kendaraan roda dua itu bisa memanfaatkan lahan parkir yang sempit, karena dengan standar tengah tidak memakan banyak ruang.

Lalu ketika menggunakan standar tengah saat diparkir di jalan yang cukup menanjak atau menurun, dapat menghindari bergeser dan lebih kokoh.

Berdasarkan keterangan resmi jaringan diler Yamaha untuk kawasan Lampung, yaitu PT Lautan Teduh, dikutip Jumat 30 September 2022, ada beberapa tips untuk wanita agar mengoperasikan standar tengah dengan benar.

Pertama jangan lupa matikan mesin, karena untuk mengurangi resiko tuas gas tidak sengaja terpelintir atau digas yang mengakibatkan motor hilang kendali, terutama motor jenis matik.

Kemudian pasang standar samping terlebih dahulu, untuk mencegah motor roboh, atau jatuh saat pengendara turun dari motor.

Posisikan tangan dengan benar, pegang erat stang bagian kiri dengan tangan kiri, dan tangan kanan menggenggam behel belakang.

Yang terakhir, menggunakan standar tengah dimulai dengan kaki kanan menginjak tuas standar. Lalu tangan kanan membantu mengangkat motor disertai gerakan ke arah belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya