Tips Rotasi Ban Mobil Biar Awet dan Tahan Lama

VIVA Otomotif: Ilustrasi pemeriksaan atau cek ban mobil
Sumber :
  • Dok: Auto2000

VIVA Otomotif – Salah satu perawatan yang sebaiknya dilakukan secara berkala pada mobil, yakni memastikan bahwa kondisi ban. Karet bundar ini memegang peranan penting pada keselamatan dan keamanan, saat melintas di jalan raya.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Seiring pemakaian, ban mobil akan mengalami aus yang tingkatannya berbeda di setiap sisi. Hal itu disebabkan oleh banyak hal, mulai dari titik tumpu beban hingga kondisi jalan yang tidak rata.

Untuk membantu mengatasi keausan ban yang tidak rata, salah satu hal yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah dengan melakukan rotasi.

Cek 7 Komponen Ini Setelah Mobil Dipaksa Kerja Keras saat Mudik Lebaran

Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara mengatakan bahwa rotasi merupakan bagian dari upaya menjaga kondisi ban supaya dapat bekerja dengan baik di jalan dengan menyamakan tingkat keausannya.

VIVA Otomotif: Ilustrasi rotasi ban mobil.

Photo :
  • Dok: Auto2000
Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Prosesnya bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan memanfaatkan dongkrak dan kunci pembuka baut ban yang tersedia di setiap unit mobil.

Namun sebelum melakukan rotasi ban, pemilik kendaraan perlu mengetahui spesifikasi dari karet bundar yang terpasang. Hal itu untuk menentukan cara menukar posisinya.

Sebagai contoh pada ban biasa, cukup melakukannya dengan cara crossing atau menyilang. Ban depan sebelah kanan dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri. Begitu juga pada ban belakang sebelah kanan, maka dirotasi dengan ban depan sebelah kiri. 

Beda dengan ban radial, yang mempunyai pola telapak ban searah atau directional. Tipe ini pemasangannya harus mengikuti arah putaran ban dan tidak boleh dibalik dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Jika dipaksakan, tidak hanya membuat ban jadi berisik karena alur telapak ban terbalik. Namun juga membahayakan karena pola telapak terbalik menurunkan traksi ban dan tidak akan optimal untuk membuang genangan air.

Caranya yakni cukup dirotasi antara ban depan dan belakang yang sejajar saja, misalnya antara ban depan kiri dan belakang kiri. Tapi jika ragu atau tidak mau repot, maka bisa memanfaatkan jasa yang disediakan di bengkel.

“Ketika melakukan servis berkala setiap enam bulan sekali, service advisor bengkel Auto2000 akan menawarkan jasa merotasi ban mobil secara gratis yang dapat dimanfaatkan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Selasa 4 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya