Bagi Pemilik Penting Mengetahui Penyebab Sepeda Motor Mudah Tersendat

Motor mogok akibat terobos banjir.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik sepeda motor penting untuk merawat setiap komponen yang ada agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah tangki bahan bakar, jika tidak terawat, maka akan membuat mesin motor mudah tersendat.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Jadi bukan hanya tampak luarnya saja harus dirawat, tetapi juga bagian dalamnya wajib dirawat. Diketahui ada beberapa penyebab sepeda motor yang mudah tersendat. Penting bagi pemilik untuk mengetahuinya.

Lantas, penyebab apa saja membuat sepeda motor mudah tersendat? Dirangkum VIVA dari Wahanahonda, Selasa 11 Oktober 2022, motor yang tersendat-sendat ketika berakselerasi, besar kemungkinan disebabkan karena aliran bahan bakar tidak lancar. Namun, ada penyebab lainnya yang penting diketahui.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ilustrasi tutup tangki bensi sepeda motor

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali

Pertama adalah busi rusak. Komponen tersebut bisa menjadi penyebab brebet motor di rpm tinggi, lantaran busi tidak menciptakan api untuk pembakar dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab brebet saat motor digas.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor, maka coba bersihkan dan pasang kembali. Namun, jika distarter tetap tidak menyala, maka artinya busi sudah mati atau tidak bisa digunakan, apabila terjadi seperti itu maka segera ganti.

Kedua adalah cek bahan bakar. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar dapat membuat motor tersendat. Banyak pengendara sepeda motor yang lebih memilih bahan bakar murah dibanding berkualitas bagus. 

Penting diketahui, bahan bakar berkualitas rendah akan menyebabkan mesin jadi kocking dan tersendat. Bahan bakar yang disarankan untuk digunakan harus memiliki angka oktan minimal 92, sehingga pembakaran di dalam mesin akan sempurna. Oleh karena itu, gunakan hanya bahan bakar yang berkualitas dan sesuai standar.

Penyebab lainnya yakni ada air di tangki. Diketahui, air yang masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor atau membeli bensin eceran. Terkadang penjualan eceran lalai dalam bensin ke dalam botol eceran sehingga terdapat air.

Solusi yang bisa dilakukan hanyalah menguras tangki bensin kemudian menggantinya dengan yang baru.Selain itu perlu mengganti filter bensin yang menggantinya dengan air. Selama pengurasan, pemilik juga perlu membersihkan kotoran yang mengendap pada tangki bensin.

Penyebab terakhir adalah pompa bahan bakar kotor. Ketika komponen ini kotor, maka yang terjadi adalah tekanan bahan bakar bisa terlalu tinggi atau rendah. Kondisi inilah yang menyebabkan pembakaran juga tidak sempurna.

Oleh karena itu, bagi pemilik perlu memeriksa rutin apakah pompa bahan bakar bekerja dengan baik. sehingga tekanan bensin lebih teratur yang membuat sistem pembakaran pada motor bekerja dengan baik. Penyebab ini bisa muncul karena tidak rutin servis motor sebagai bagian dalam perawatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya