Tips Mudah Merawat Sepeda Motor Secara Mandiri kala Musim Hujan

Tips Merawat Transmisi Manual
Sumber :

VIVA Otomotif – Saat ini Indonesia tengah mengalami pergantian musim yang tadinya kemarau menjadi penghujan. Hal itu dirasakan di sejumlah wilayah Tanah Air, yang mengalami cuaca hujan terus menerus dengan potensi besar.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Adanya pergantian musim, sebagai pemilik kendaraan khususnya sepeda motor penting untuk memperhatikan dalam merawatnya. Ada beberapa langkah mudah dan bisa dilakukan secara rutin sekaligus melakukan pengecekan.

Lanta, apa saja? dirangkum VIVA dari WahanaHonda Selasa 18 Oktober 2022, ada tips merawat sepeda motor saat musim hujan yang bisa dilakukan secara mandiri, dan cukup di rumah saja. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan parah pada kendaraan yang digunakan.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Perawatan spull sepeda motor

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Cara pertama adalah rajin mencuci sepeda motor. Sebagai pemilik, penting untuk membersihkan pencucian motor minimal seminggu sekali, atau setiap kali sehabis kehujanan. Biasakan mencuci dengan menggunakan air bersih dengan pembilasan untuk menghilangkan kotoran.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Untuk pencucian penggunaan sabun, bisa dilakukan dalam kurun waktu sebulan sekali. Bisa juga ditambah dengan dengan menggunakan bahan untuk mengkilapkan bodi motor. Ini merupakan langkah terbaik sebagai perawatan terhadap kondisi bodi motor agar tampilannya tetap menawan dan menarik.

Cara perawatan selanjutnya adalah perhatikan posisi bensin. Untuk menjaga motor tetap dalam prima, jangan biasakan motor kehabisan bensin atau bahan bakar. Dengan menjaga bensin tetap dalam kondisi terisi, maka bisa mencegah terjadinya pengembunan di dalam tangki.

Apalagi pada motor matik dengan teknologi injeksi, usahakan motor dalam posisi bensin yang aman. Hindari indikator bensin pada speedometer ada di posisi E. Selain itu, motor yang terisi bensin penuh membuat perasaan aman, daripada terjadinya kehabisan bensin di tengah jalan.

Cara terakhir yang tidak kalah penting adalah wajib memanaskan setiap pagi. Perawatan ini paling kerap dilupakan, lantaran pemilik malas. Padahal memanaskan mesin motor setiap pagi adalah langkah terbaik dan mudah, serta cara paling sederhana. 

Pemanasan motor perlu dilakukan supaya oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga perfoma dari mesin itu lebih maksimal. Perlu diingat, saat memanaskan mesin motor perlu menggunakan kick starter supaya starter elektrik menjadi lebih awet. Lakukan cara ini paling tidak lima menit di setiap pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya