Ini Kebiasaan Tidak Benar yang Sering Dilakukan Pengendara Motor

Seorang pemuda izinkan anak kecil mengendarai motor
Sumber :
  • Instagram @wargabanua

VIVA Otomotif – Dalam mengendarai sepeda motor perlu adanya etika yang harus dipatuhi sekaligus diterapkan. Hal itu dilakukan untuk menjaga keselamatan berkendara yang memang harus diperhatikan semua pihak.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Apalagi pemerintah sejatinya sudah mengeluarkan undang-undang untuk taat lalu lintas yakni UU No 22 Tahun 2000. Namun hingga saat ini, masih banyak kebiasaan tidak benar yang sering dilakukan pengendara dan tidak sesuai etika.

Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Rabu 19 Oktober 2022, ada beberapa kebiasaan tidak benar yang sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Kebiasaan ini kerap ditemukan di Jalan Raya yang masih terlihat oleh pengendara lainnya.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Mengendarai motor sembari video call

Photo :
  • Twitter @joeyakarta

Kebiasaan pertama adalah bermain handphone atau sedang menelepon. Kebiasaan ini kerap dijumpai pengendara sepeda motor ketika sedang berkendara. Padahal hal ini jelas sangat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Bergerak Cepat, Bea Cukai Kudus Kembali Temukan Dua Bangunan Tempat Produksi Rokok Ilegal

Sebab, konsentrasi serta kewaspadaan akan menurun karena terlalu fokus dengan ponsel. Oleh karena itu sebaiknya ketika sedang berkendara baik itu sepeda motor maupun mobil alangkah baiknya untuk menaruh ponsel tersebut ke tempat yang aman, salah satunya tas bawaan.

Selain bermain handphone, kebiasaan lainnya adalah mengobrol sesama pengendara. Sering kali di jalan kerap menjumpai dua orang pengendara motor melaju berdampingan dan mengobrol. Namun, hal ini tidak boleh dilakukan lantaran bisa mengganggu orang yang mengendarai di belakangnya. 

Saat ini, sanksi berkendara sembari mengobrol sudah diberlakukan oleh pemerintah dan termasuk melanggar kenyamanan di jalan raya. Berkendara sambil mengobrol akan membuat fokus dan refleks berkurang, dan mengakibatkan kecelakaan. Jadi, jangan sekali-kali untuk mengobrol di Jalan, atau bisa berpotensi tabrakan.

Kebiasaan selanjutnya adalah berkendara sembari merokok. Kebiasaan ini kerap ditemukan oleh pengendara sepeda motor yang mengendarai sambil merokok. Diketahui, hal ini sangat membahayakan pengendara lain, lantaran percikan api bisa terbang mengenai orang di belakangnya.

Kebiasaan terakhir yakni melintas di trotoar. Banyak dari pengendara motor sengaja melintas di atas trotoar untuk memotong jalan, lantaran sedang mengalami kemacetan. Padahal ini jelas dilarang, karena perbuatan ini sesungguhnya melanggar hak pejalan kaki.

Bukan hanya itu saja, bahkan sering kali terlihat trotoar dijadikan tempat parkir. Sebagai pengendara yang cerdas, pastikan untuk menggunakan jalur sesuai kendaraan yang digunakan agar selamat sampai tujuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya