Punya Mobil Baru, Ini Hal-hal yang Wajib Dihindari

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Banyak para produsen mobil yang menghadirkan produk baru di pasar otomotif Indonesia. Hal tersebut membuat konsumen yang membeli mobil baru dapat memilih sesuai model yang diinginkan.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Sebagai pemilik mobil baru, penting untuk memperhatikan perawatan dalam menjaga agar tetap kondisi prima. Banyak hal-hal yang perlu dihindari agar mobil kesayangan tidak mengalami masalah.

Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari Nissan, Senin 24 Oktober 2022, ada hal yang perlu dihindari sebelum mengendarai mobil baru. Tips ini bisa dilakukan untuk pemilik mobil yang baru belajar mengemudi.

Polisi Bakal Panggil Pemilik Toko Frame yang Terbakar di Mampang hingga Akibatkan 7 Orang Tewas

Pedal mobil bertransmisi otomatis.

Photo :
  • Cartype

Hal pertama yang perlu dihindari adalah menginjak pedal gas mobil terlalu keras. Merasa senang untuk mengendarai mobil baru merupakan hal yang wajar, tetapi jangan biarkan perasan tersebut membuat kebut-kebutan di jalan dan menginjak pedal gas terlalu keras.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Hal itu dapat membuat mobil mencapai putaran mesin yang kurang tepat. Putaran mesin menjadi acuan bagi pengemudi untuk memindahkan gigi secara tepat agar bisa mencapai kecepatan maksimum. Jika perpindahan gigi kurang pas, kecepatan mobil akan terpengaruh yang membuat penurunan performa.

Tips selanjutnya yang harus dihindari adalah sering berkendara jarak pendek. Sebaiknya, jangan gunakan mobil baru untuk pergi ke tujuan-tujuan yang jaraknya sangat pendek. Pasalnya, mesin dari mobil baru butuh “dipanaskan” secara konstan saat mengendarainya.

Hal tersebut tidak akan terjadi apabila pemilik menggunakan mobil baru untuk mengendarainya ke berbagai tujuan jarak pendek. Sebaiknya hindari perjalanan yang membutuhkan jarak puluhan kilometer.

Selain menghindari berkendara jarak pendek, pengguna mobil baru sebaik juga menghindari sebagai derek. Jangan pernah menggunakan mobil baru untuk menderek mobil atau angkutan lain. Hal itu dikarenakan menderek akan membuat mobil baru mengangkut lebih banyak beban sehingga mesin harus bekerja lebih keras.

Untuk hal yang perlu dihindari terakhir adalah berkendara saat suhu mesin dingin. Seluruh bagian mesin mobil didesain untuk bekerja pada suhu optimal. Ketika pemilik ingin menyalakan mobil, mesin yang masih dingin akan membutuhkan waktu untuk mencapai suhu tertentu.

Umumnya, proses ini membutuhkan waktu sekitar 1-3 menit. Langsung mengendarai mobil sesaat setelah menyalakannya justru hanya akan membuat mesin bekerja lebih keras dan cepat rusak. Tidak hanya itu, efisiensi bahan bakar pun juga ikut terpengaruh.

Itu tadi hal-hal yang perlu dihindari ketika mempunyai mobil baru. Jadi, jangan sampai rasa tidak sabar pemilik dalam mengendarai mobil baru justru mengurangi kualitas mobil tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya