Jangan Sampai Salah, Begini Cara Merawat Cat Bodi Mobil yang Benar

Ilustrasi pengecatan bodi mobil
Sumber :
  • Dok: Scuto

VIVA Otomotif – Bodi mobil merupakan salah satu bagian yang penting untuk dirawat. Pada bagian tersebut yang perlu dirawat adalah cat, lantaran untuk mempercantik dan memperbaiki yang mengalami goresan-goresan.

Toyota dan Daihatsu Kerja Sama Lahirkan Kembali Suzuki Cappucino

Sebagai pemilik kendaraan roda empat perlu memperhatikan perawatan agar tetap mengkilap dan tahan lama. Jika tidak dilakukan perawatan yang benar, cat akan menjadi kusam. Oleh karena itu, diperlukan perawatan khusus pada bagian tersebut.

Lantas, bagaimana cara merawatnya? PT Astra Daihatsu Motor membagikan cara merawat cat mobil yang benar. Berikut tips yang diberikan oleh mereka dalam menjaga bodi mobil agar menambah nilai estetika.

Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Hitam, Ini Penyebabnya

Lapisan cat bodi mobil

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Pertama adalah simpan kendaraan di garansi. Tujuannya adalah agar mobil yang diparkir tidak terkena sinar matahari langsung secara berlebihan. Jika terkena sinar matahari secara langsung terus menerus, cat mobil dapat memudar.

Jangan Macem-macem di Mobil, Polisi Bisa Deteksi Wajah Pakai Kamera

"Oleh karena itu, saat sedang parkir usahakan carilah tempat parkir yang teduh untuk memarkir mobil lebih lama. Jika tidak ada tempat yang teduh, maka bisa menggunakan sarung mobil atau penutup mobil agar tidak terkena sinar matahari langsung," ujar Supardi, Instruktur Pengecatan ADM, dikutip Selasa 25 Oktober 2022.

Perawatan yang kedua yakni mencuci mobil secara rutin. Dirinya memberitahu bagi pemilik mobil penting untuk mencuci minimal seminggu sekali dan menggunakan air yang bersih. Namun, penting diketahui untuk memilih sabun ketika hendak melakukan kegiatan ini.

"Umumnya beberapa pemilik mobil, mencuci mobilnya menggunakan sabun colek, deterjen, atau sabun cuci piring yang tidak jelas mereknya. Hal ini dapat memperngaruhi cat mobil, sehingga warnyanya kusam dan memudar," tambahnya.

Selain mencuci mobil, perawatan lainnya adalah periksa cat mobil secara berkala. Usahakan untuk periksa sebulan sekali pada keseluruhan permukaan cat dari benda-benda asing. Apabila terdapat kotoran, maka segeralah untuk dibersihkan dengan menggunakan kain halus.

Untuk perawatan terakhir yakni pemolesan. Dalam hal ini, pemilik perlu melakukan paling tidak enam bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Mereka dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya