Rawat Komponen Motor Ini Bisa Hemat Bahan Bakar

Ilustrasi komponen sepeda motor
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif – Pemilik sepeda motor pasti ingin kendaraan yang digunakanya bisa hemat bahan bakar. Apalagi saat ini bahan bakar minyak atau BBM telah mengalami kenaikan harga di sejumlah SPBU Indonesia.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Adanya kenaikan banderol BBM, membuat sejumlah pemilik motor perlu menyiasati agar konsumsi bahan bakar lebih irit. Sejatinya ada beberapa cara untuk menghemat bahan bakar pada kendaraan, salah satunya merawat komponen.

Ada beberapa komponen yang mesti dirawat agar sepeda motor bisa irit bahan bakar. Lantas, komponen apa saja? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Rabu 26 Oktober 2022, ada komponen yang harus dirawat agar motor irit penggunaan bahan bakar dan tetap performa.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Busi motor NGK MotoDX

Photo :
  • NGK

Komponen motor pertama yang harus dirawat adalah busi. Bagian ini mesti dirawat dan agar tetap baik dan optimal sama dengan menjaga proses pembakaran di ruang bakar tetap sempurna. Ketika busi tak terawat, membuat kinerjanya menurun. Oleh karenanya, penting bagi pemilik untuk merawatnya

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Selain busi, komponen lainnya adalah injektor. Kondisi bagian ini akan selalu terjaga jika pemilik sepeda motor rutin melakukan perawatan dan pemeriksaan ke bengkel. Injektor yang selalu dalam kondisi baik, membuat proses pengabutan bahan bakar di ruang tetap sempurna agar tidak ada bahan yang terbuang.

Untuk komponen selanjutnya yang mesti dirawat adalah Rantai atau CVT. Bagian ini memiliki fungsi untuk proses transfer tenaga dari mesin ke roda belakang akan selalu optimal. Apabila tidak dirawat dengan baik, maka bisa menghambat proses transfer tenaga ke roda belakang, akibatnya boros bahan bakar.

Membersihkan ban motor.

Photo :
  • Wahana Honda.

Komponen yang terakhir yang tidak lupa untuk dirawat adalah ban. Selain sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan berkendara, kondisi ban juga bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar. 

Hal itu bisa diakibatkan oleh daya cengkeram ke aspal tak sempurna atau akibat bobot berlebih, karena menggunakan ukuran ban tak sesuai.

Kondisi ban yang tak terawat bisa mengakibatkan tekanan angin berkurang, daya cengkeram ke permukaan jalan lebih rendah, dan mudah selip. Akibatnya, penggunaan tenaga yang tersalur ke roda belakang jadi tak optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya