Panduan Membeli Suku Cadang Mobil agar Tidak Kena Tipu

Suku cadang dan aksesori asli Suzuki
Sumber :
  • Suzuki Indonesia

VIVA Otomotif – Dalam membeli suku cadang kendaraan khususnya mobil tidak boleh asal-asalan. Apalagi di zaman sekarang yang tinggal buka situs jual beli online bisa memilih komponen dengan harga yang bermacam-macam.

Motor hingga Mobil Wajib Punya Asuransi Kendaraan Mulai 2025, Begini Penjelasan OJK

Namun, sebagai pemilik mobil yang cerdas perlu berhati-hati dalam membeli suku cadang. Pasalnya, saat ini banyak kasus penipuan terkait komponen mobil palsu yang malah bisa memicu masalah pada mobil.

Oleh karena itu, banyak hal perlu dihindari saat membeli suku cadang mobil agar tidak salah pilih. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Kamis 27 Oktober 2022, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya mendapatkan suku cadang yang tepat sesuai kebutuhan.

Wuling Merayakan Ulang Tahun Ke-7 Membawa Semangat Melangkah Bersama Indonesia

Gudang sukucadang mobil Chevrolet

Photo :
  • dok. GM Indonesia

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan asal murah. Demi menarik minat pembeli biasanya toko-toko akan memberikan promo menarik dengan harga yang miring. Namun, hal tersebut sebaiknya periksa dulu keaslian dan kualitasnya.

BYD Dolphin dan BYD Atto 3 Varian Termurah Meluncur di GIIAS 2024, Segini Harganya

Calon pembeli perlu melakukan survei suku cadang yang ingin dibeli, jika ingin mendapati suku cadang yang harganya jauh di bawah rata-rata sebaiknya patut dicurigai. Lebih baik mengeluarkan harga lebih daripada untuk suku cadang yang palsu dan bisa memicu risiko kerusakan.

Hal selanjutnya yang harus disimak adalah periksa nomor seri. Selain ciri-ciri fisik seperti stiker hologram dan perbedaan kemasan dan juga tekstur, pemilik bisa mengidentifikasi suku cadang yang akan dibeli dengan memeriksa nomor serinya.

Diketahui, seluruh suku cadang telah dilengkapi nomor id khusus untuk membuktikan keasliannya.  Jika mendapati komponen mobil memiliki nomor seri yang tidak sesuai, barcode yang bentuknya aneh atau cetakan nomor serial pudar bahkan tidak memiliki nomor seri sama sekali, bisa dipastikan palsu.

Selain periksa nomor seri, jangan lupa perhatikan garansi. Pada beberapa kasus, bisa saja suku cadang mobil yang baru beli mengalami kendala dan mendadak tidak berfungsi. Faktor penyebabnya bisa jadi bermacam-macam, mulai dari kesalahan jenis, kesalahan saat pemasangan hingga suku cadang mendadak rusak.

Hal ini wajar terjadi, sehingga penting bagi calon pembeli untuk memilih suku cadang yang bergaransi. Biasanya suku cadang mobil yang memiliki garansi hanyalah suku cadang yang asli saja. Karena itu, pastikan sebelum memilih suku cadang tanyakan juga ke penjual perihal garansinya. 

Untuk hal yang terakhir adalah membeli suku cadang di tempat yang resmi. Seperti yang dijelaskan, membeli suku cadang di tempat resmi tentunya lebih terjamin keaslian dan kualitasnya. Namun sayangnya, masih banyak dari pemilik mobil yang lebih mementingkan harga murah ketimbang jaminan komponen mobil asli dan bergaransi.

Sehingga masih banyak dari mereka yang membeli suku cadang di tempat yang sembarangan dan belum tentu menjual barang yang benar-benar asli. Padahal selisih harga yang ditawarkan tidak signifikan jika dibandingkan dengan biaya perbaikan ketika mobil mengalami kerusakan nantinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya