Perhatikan Hal Ini Supaya Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

VIVA Otomotif: Ilustrasi pengecekan mobil bekas
Sumber :
  • Dok: Otospector

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik mobil wajib melakukan perawatan secara berkala agar performanya tidak menurun. Banyak yang perlu dilakukan oleh mereka untuk tetap mempertahankan kendaraan supaya digunakan nyaman dan aman.

Pembiayaan Kendaraan Listrik Meningkat 338 Persen

Hal itu diketahui agar sewaktu-waktu ketika pemilik ingin menjual mobilnya masih tetap dihargai tinggi. Kini, menjual kendaraan dengan harga yang tinggi tentunya akan lebih sulit untuk menemukan pembelinya.

Diketahui, pasar mobil bekas kebanyakan orang yang mencari menginginkan harga yang terjangkau dibanding membeli mobil baru atau kredit. Meski begitu, pemilik bisa melakukan beberapa hal supaya kendaraan yang dijual sesuai keinginan.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Mobil Bekas Nissan di Showroom Jakarta Selatan

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari OLX, Rabu 9 November 2022, ada beberapa hal perlu diperhatikan bagi pemilik mobil yang ingin menjualnya dengan harga jauh lebih tinggi dari pasar. Cara ini terkadang lupa diterapkan oleh pemilik, lantaran kendaraan hanya digunakan saja.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menyimpan surat kepemilikan mobil. Ketika membeli sebuah mobil, pembeli sudah dipastikan mendapatkan berbagai dokumen penting, mulai Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sampai faktur pembelian.

Semua dokumen dan surat-surat ini perlu dijaga dan dirawat dengan baik, agar menjadi bukti keabsahan dan legal terkait kepemilikan kendaraan. Jika beberapa dokumen tidak dijaga dengan baik, maka bisa menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga jual.

KPK bersama BPRD DKI sidak mobil-mobil mewah soal pajaknya

Photo :
  • VIVAnews/Edwin Firdaus

Hal kedua adalah rutin membayar pajak mobil. Kebanyakan dari pemilik, kerap lupa membayar bahkan tidak menyanggupi nominal pajak yang harus dibayar. Alhasil, kendaraan yang dimiliki mempunyai pajak mati, jika hal tersebut terjadi tentu harga mobil yang dijual akan menurun.

Oleh karena itu, cek pajak kendaraan roda empat pemilik ketika hendak dijual. Perlu diketahui, sekarang pemilik bisa membayar pajak kendaraan melalui online dengan mudah cukup sentuhan tangan. Apabila mobil pajak hidup, maka dipastikan nilai harga jual lebih tinggi. 

Selain perihal dokumen, pemilik juga harus memperhatikan penggunaan bahan bakar. Biasanya setiap pabrik mobil pasti memiliki standarisasi soal penggunaan bahan bakar yang diwajibkan. Apabila pemilik menaati peraturan ini, maka dapat membuat performa mesin terjaga dengan baik.

Sebaliknya, jika asal memilih bahan bakar, maka bisa mengalami masalah terhadap mesin di kemudian hari. Perlu diketahui, setiap calon pembeli mobil pasti selalu mengecek semua bagian kendaraan, termasuk mesin. Apabila mengalami masalah, maka bisa menyebabkan harga nilai jual menurun.

Hal terakhir bagi pemilik yang hendak menjual mobil adalah menawarkan berbagai program bonus kepada calon pembeli. Misalnya saja dengan menawarkan paket asuransi mobil yang masih berlaku, pembayaran pajak untuk jangka waktu panjang, dan bisa menawarkan perkakas tambahan atau fitur di luar standar mobil.

Hal-hal tersebut bisa jadi semacam  pemanis bagi mobil yang ingin dijual, dan akan memungkinkan harga mobil bisa dibanderol dengan harga tinggi dari pasar mobil bekas saat ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya