Punya Motor Baru, Wajib Perhatikan Hal Ini

Motor matik baru Honda NCR125
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA Otomotif -  Saat ini sudah banyak produsen otomotif yang meluncurkan maupun memperbarui model sepeda motor, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu membuat mereka yang sudah punya, tidak sabar ingin menggantinya.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Meski dalam kondisi baru, namun kendaraan bermotor roda dua tetap harus dirawat dengan baik agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Apa pun tipenya, membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga performa tetap prima.

Sebagai salah satu pemilik motor baru, penting untuk memperhatikan kendaraanya. Hal itu dilakukan agar cara penggunaanya tetap terjaga dan terawat dengan baik. Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan? 

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Sepeda motor baru Honda yanh siap dikirim ke konsumen

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Dirangkum VIVA dari AstraMotor, Jum'at 11 November 2022, ada beberapa hal penting bagi pemilik motor baru dalam merawatnya  Cara ini bisa dilakukan oleh pemilik jenis mulai dari bebek, matik hingga sport sekalipun.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Hal pertama adalah memanaskan motor sebelum digunakan, biasanya dilakukan saat pag hari setelah mesin mati semalaman. Bagi pemilik motor baru hendaknya memanaskan kendaraan cukup lima menit saja. Hal sederhana ini membantu kuda besi menjadi awet lebih lama digunakan.

Selain memanaskan, hal kedua yaitu hindari membawa barang bawaan melebihi kapasitas. Perlu diketahui beban maksimal sepeda motor antara 120 – 130 kg, apabila melebihi kapasitas tersebut, mesin bisa saja rusak. 

Perlu diingat, jika sangat terpaksa membawa beban melebihi kapasitas maksimal sebaiknya tidak dipakai terlalu jauh, karena selain memberatkan kerja ban dan mesin juga memberatkan kerja shockbreaker motor baru.

Hal selanjutnya yakni manfaatkan layanan servis gratis dengan baik. Iya, bagi pemilik sepeda motor baru biasanya memperoleh empat kali jasa layanan servis ini. Biasanya, produsen motor sudah menyediakan program ini kepada konsumennya, bahkan sudah dijadwalkan.

Untuk hal terakhir adalah jangan lupa untuk sering-sering membersihkan motor. Pembersihan kendaraan baru tidak hanya berguna menjaga tampilan motor agar enak dipandang saja, tetapi juga kotoran yang mungkin menempel pada mesin atau pada kanvas rem.

Ketika mencuci motor baru biasakan menggunakan sabun motor khusus agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu juga semprotkan air dengan kencang pada bagian berdebu agar tidak menimbulkan goresan saat digosok. Setelah itu, jangan lupa dibilas hingga bersih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya