Cara Mudah Merawat Lampu LED Motor agar Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi lampu LED motor.
Sumber :
  • Dok: Autovision

VIVA Otomotif – Saat ini sudah banyak sepeda motor baru sudah dibekali dengan lampu Light Emitting Diode atau LED, sebagai penerangan utamanya. Keunggulan lampu ini dari pada bohlam biasa, yakni pada konsumsi daya listriknya.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Adanya teknologi baru yang disematkan pada kuda besi ini, sebagai pemilik motor perlu melakukan perawatan agar performanya tidak menurun. Apabila tidak dirawat dengan baik, maka lampu jenis LED bisa mengalami putus atau rusak.

Lantas, bagaimana caranya? Dikutip VIVA dari Wahana Honda, Senin 14 November 2022, ada beberapa cara mudah dalam melakukan perawatan lampu jenis ini agar tidak cepat rusak. Cara ini dilakukan harus hati-hati agar tidak menyebabkan masalah.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ilustrasi memeriksa lampu rem motor.

Photo :
  • Hondacommunity

Cara pertama adalah dengan mengecek secara berkala. Pastikan daya dan kelistrikan pada sepeda motor berjalan normal, dan hindari lampu terlalu panas. Perlu diingatkan, lampu jenis ini memiliki sifat tidak tahan panas, jadi selalu pastikan suhu stabil sehingga lampu lebih awet.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Selain mengecek, pemilik juga harus perhatikan titik lampu. Apabila ingin menggantinya perlu diperhatikan dengan tata peletakkan lampu pada batok atau mika lampu dengan tepat. Pastikan ukurannya telah sesuai sehingga aman ketika digunakan.

Apabila masih ragu dalam memasang, bisa dibawa ke bengkel resmi motor dari merek tersebut, agar bisa ditangani dengan orang yang tepat dan profesional. Selain itu, jangan lupa untuk meminta membersihkan penampang lampu. 

Penampang yang kotor dapat menimbulkan masalah pada lampu dan mengakibatkan kerusakan. Perlu diketahui, ketika melakukan perawatan tersebut hindari mengutak-atik kelistrikan motor secara individu.

Tak hanya itu saja, pemilik juga harus menghindari menambahkan sakelar yang mengakibatkan arus masuk berlebihan. Arus yang berlebihan bisa mengakibatkan lampu cepat putus. Itulah tadi beberapa hal dalam merawat lampu LED pada sepeda motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya