Mau Usaha Rental Mobil, Perhatikan Hal Ini

Ilustrasi mobil rental atau mobil sewaan.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini tengah ramai bisnis rental mobil yang menjadi salah satu usaha paling menjanjikan. Pasalnya di kota-kota besar, rental mobil juga mulai tumbuh berkembang pesat, bahkan di daerah juga.

Penghasilan Tukang Parkir Minimarket di Jakarta Capai Belasan Juta per Bulan, Masih Mau Bayar?

Kebutuhan masyarakat Indonesia untuk bepergian ke luar kota, membuat banyak bisnis rental mobil mulai berkembang. Memiliki prospek yang cukup baik, namun tidak semua bisnis rental mobil ini sukses diaplikasikan. 

Oleh karena itu, bagi yang sedang mau berusaha membuat jasa rental kendaraan roda empat, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Apa saja? Dirangkum VIVA dari Nissan, Senin 14 November 2022 ada hal dalam membangun bisnis rental mobil.

Viral Lagi Xpander Gagal Nanjak, Dipermalukan Toyota Avanza Lawas

Ilustrasi mobil rental atau mobil sewaan.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Hal pertama adalah membuat strategi bisnis terlebih dahulu. Apa pun bisnis yang akan dikembangkan, selalu membuat strategi dahulu. Bisa dimulai dari mengenal dengan nama business plan, yang di dalamnya berisi rancangan dari awal hingga potensi nantinya. 

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan Tabrak Hiace, Sopir Mengaku Ngantuk

Selain poin-poin di atas, di dalam strategi bisnis ini juga akan melihat berapa modal yang dibutuhkan dan berapa pengeluaran per bulannya untuk membuka bisnis rental mobil. Selain itu, pebisnis juga bisa menggunakan strategi ini untuk mengajukan permohonan peminjaman modal.

Selain membuat strategi, hal selanjutnya adalah memastikan tipe rental mobil. Dalam hal ini, terdapat dua macam pemijaman yaitu rental harian dan rental berdasarkan kontrak. Dua tipe rental ini juga mempunyai target pasar yang berbeda.

Jika pembisnis mengambil tipe rental harian, berarti tipe bisnis akan business to customer atau B2C. sedangkan untuk rental berdasarkan kontrak, akan mempunyai target pasar business to business atau B2B. Kedua hal ini sangat berbeda, jadi harus berpikir jeli dalam memilih tipe rental.

Hal lainnya adalah selalu rutin mengecek dan merawat mobil. Perlu diingat bahwa kendaraan roda empat ini akan disewa kepada orang lain. Maka dari itu, kebersihan dan performa harus dijaga agar tidak menyebabkan masalah ketika digunakan.

Hal terakhir yang tidak boleh dilewatkan yakni memanfaatkan strategi marketing. Seperti dijelaskan di awal, bisnis rental mobil ini mempunyai daya saing sangat tinggi. Jika pebisnis tidak mempunyai rancangan strategi marketing yang baik, maka tidak akan bisa bertahan.

Salah satu strategi marketing, pebisnis bisa memanfaatkan internet dengan membuat akun media sosial dan website dalam hal promosi. Manfaatkan hal-hal tersebut untuk meningkatkan peminat yang ingin menyewakan mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya