Ini Cara Mudah Merawat Kaca Spion Motor agar Tidak Berjamur

Ilustrasi kaca spion motor.
Sumber :
  • Vehq

VIVA Otomotif – Kaca spion merupakan aksesoris penting pada motor, yang terletak pada bagian depan luar dekat dengan setang. Benda ini memiliki fungsi untuk membantu pengendara dalam melihat bagian samping dan belakang kendaraan.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik kendaraan roda dua untuk merawat aksesori ini agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Jika dirawat dengan baik, maka bisa menghindari jamur yang menempel dan sebagai penunjang keamanan, serta kenyamanan saat berkendara.

Lantas, bagaimana cara merawatnya? Dirangkum VIVA dari FederalOil, Jum'at 18 November 2022, ada beberapa cara mudah untuk membersihkan kaca spion motor. Cara ini bisa dilakukan secara individu dengan peralatan yang mudah ditemui di rumah.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Kaca spion.

Photo :
  • Wahana Honda.

Cara pertama dengan menggunakan pasta gigi. Diketahui, bahan tersebut dipercaya ampuh untuk menghilangkan jamur pada kaca. Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Pertama-tama, usapkan pasta gigi di permukaan kaca spion hingga merata.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Setelah itu, dilap menggunakan kain lembut secara pelan-pelan agar tidak mengalami lecet. Apabila dirasa sudah kinclong, maka jangan lupa untuk dibilas dengan air bersih, kemudian lap permukaan kaca spion sampai kering.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan tembakau. Pemilik bisa menggunakan bahan ini untuk mengembalikan kecerahan kaca spion seperti semula. Untuk caranya pun, terbilang mudah untuk dilakukan.

Pemilik cukup merendamkan tembakau di air bersih, kemudian baru dioleskan air rendaman tersebut kepada kaca spion motor secara merata. Apabila dirasa sudah cukup, maka diamkan sekitar 5-10 menit. Jangan lupa, setelah itu dibilas hingga kering.

Cara terakhir yang bisa dilakukan dengan menggunakan cuka. Diketahui, bahan ini sangat ampuh untuk menghilangkan kotoran bandel yang hinggap di kaca spion motor. Namun penting diketahui, ketika melakukan cara ini perlu hati-hati agar tidak mengalami masalah.

Untuk caranya, pemilik cukup usap ke seluruh permukaan kaca spion untuk menghilangkan noda-noda yang mengganggu. Setelah dirasa semua bersih, barulah bersihkan dengan lap kering. Namun, patut diingat, ketika sehabis membilas kaca spion dengan air, baiknya langsung dilap dengan kain kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya