Apabila Mengalami Tanda Ini, Penting untuk Mengganti Busi Mobil

Ilustrasi mengecek busi mobil
Sumber :
  • dok. NGK busi

VIVA Otomotif – Busi mobil merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki mesin. Benda ini memiliki fungsi yang berhubungan dengan proses pembakaran di dalam ruang mesin, yang nantinya akan menghasilkan tenaga.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Sebagai pendukung kerja mesin, komponen ini sangat rentan terkena masalah. Diketahui, masalah yang paling akrab ditemui oleh pemilik kendaraan roda empat  yakni mesin mengalami mati mendadak. Hal ini karena busi sudah tidak berfungsi kembali, dan penting untuk menggantinya.

Namun, tidak hanya itu saja tanda-tanda busi harus diganti. Dirangkum VIVA dari Daihatsu, Sabtu 19 November 2022, ada beberapa tanda-tanda lainnya ketika mengalami busi harus segera diganti. Sebagai pemilik mobil yang cerdas, penting untuk mengetahuinya.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Busi terbaru dari NGK untuk mobil sejuta umat

Photo :
  • istimewa

Tanda pertama adalah sulit melakukan starter mobil. Apabila pemilik mengalami permasalahan ini, maka kemungkinan hal tersebut merupakan gejala busi yang rusak. Diketahui, komponen ini menjadi salah satu yang terpenting dalam sistem starter mobil.

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Selain susah untuk di-starter, tanda lainnya adalah mobil bergetar saat idle. Sebenarnya, getaran mobil menjadi hal yang wajar. Tetapi, jika pemilik merasakan getaran mobil saat terjadi ketika idle, maka ini menjadi tanda busi harus segera diganti. 

Saat mobil berada dalam posisi idle, umumnya putaran mesin lebih halus sehingga tidak menghasilkan getaran. Jika pemilik merasa getaran, dapat dipastikan putaran mesin terhambat. Bila tanda ini sudah dirasakan, maka segera lakukan penggantian busi mobil.

Tanda selanjutnya yaitu mobil kurang bertenaga. Apabila pemilik mengalami penurunan performa dan tersendat-sendat, maka hal ini disebabkan karena busi tidak bisa menghasilkan percikan api dengan optimal. Untuk itu, mengalami tanda, maka sebaiknya mengganti busi dengan yang baru.

Selain mengalami penurunan performa, perhatikan juga bunyi aneh yang dihasilkan mobil. Apabila pemulik beberapa kali mendengar bunyi seperti brebet, utamanya ketika mesin berakselerasi, ini menjadi tanda busi harus segera diganti.

Untuk tanda yang terakhir dengan melihat kondisi warna busi. Penting diketahui, busi baru memiliki warna putih dengan tampilan logam di bagian kepala. Ketika digunakan, busi akan berubah menjadi gelap karena terkena proses pembakaran.

Jika mengalami perubahan warna, maka segera dibersihkan dan sebaiknya diganti. Apabila dibiarkan begitu saja, residu pembakaran akan menebal dan menghalangi elektroda serta ujung insulator mobil. Tentu saja dampaknya, busi tidak dapat bekerja dengan optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya