Begini Cara Berkendara Mobil yang Aman di Jalan Tol

Penampakan Progres kontruksi Jalan tol Semarang-Demak.
Sumber :
  • Dok. Kementerian PUPR

VIVA Otomotif – Jalan tol merupakan jalanan umum yang dilintas oleh berbagai kendaraan, khususnya mobil. Jalan ini memiliki manfaat untuk memperlancar lalu lintas dan meningkatkan pelayanan.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Diketahui, jalan tol sering terjadi peristiwa kecelakaan lantaran berbagai faktor yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Salah satunya adalah sang pengemudi tidak fokus dalam berkendara dan mengakibatkan masalah tersebut terjadi.

Lantas, bagaimana cara berkendara mobil yang aman ketika berada di jalan tol? Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan bahwa kondisi dan medan jalan tol memiliki karakteristik yang berbeda dengan jalanan dalam perkotaan.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

"Jalan ini memiliki medan yang halus, relatif panjang dan tidak berliku, sehingga cenderung ‘memancing’ pengendara untuk tancap gas tanpa menghiraukan batas kecepatan kendaraan," ujar Sony melalui keterangan resmi diterima VIVA, Senin 21 November 2022.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Untuk mengatisipasinya, dia memberitahu ada tiga cara persiapan penting sebelum memasuki jalan tol. Cara ini bisa diterapkan khususnya pengemudi yang baru saja belajar mobil agar tetap aman selama perjalanan.

"Untuk persiapan pertama adalah fisik sang pengemudi, di mana mereka harus tidur cukup minimal tujuh jam sebelum berkendara untuk meminimalisir kelelahan saat di jalan tol," tambahnya.

Selain itu, persiapan kedua adalah mengecek mobil untuk kelayakan berkendara jarak jauh. Cara ini penting dilakukan agar suatu saat nanti ketika digunakan mobil memiliki performa yang baik dan tidak mengalami masalah di kemudian hari.

"Pengemudi penting untuk memeriksa bagian tekanan angin, ketebalan ban, kondisi mesin, dan hal penting lainnya. Apabila sudah diperiksa, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan," jelasnya.

Untuk cara terakhir adalah pemilihan rute dan waktu keberangkatan, karena berkendara siang atau malam, memiliki kondisi tantangan yang berbeda bagi pengendara. Jadi, sebagai pengemudi harus perhatikan hal ini.

"Ketika berkendara, beberapa aspek lain terkait keselamatan di jalan Tol juga perlu diperhatikan mulai dari batas kecepatan, etika menggunakan lajur kanan dan lajur kiri, menjaga jarak aman, dan keharusan beristirahat setelah berkendara selama tidak jam," terangnya.

Sebagai tambahan informasi, supaya meningkatkan faktor keselamatan saat berkendara di jalan tol untuk jangan lupa beristirahat yang telah disediakan fasilitas berupa rest area.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya