Ini Tips Membersihkan Jok Motor Bahan Kulit agar Nyaman Digunakan

Ilustrasi jok motor.
Sumber :
  • Motofomo

VIVA Otomotif – Jok merupakan tempat duduk bantalan untuk pengendara khususnya sepeda motor. Benda ini memiliki penting pada kenyamanan saat berkendara.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Namun, banyak dari pemilik kendaraan roda dua kurang memperhatikan dan merawat bagian tersebut. Perlu diketahui, bahwa lama kelamaan warna jok akan memudar dan tak jarang mengalami berlubang.

Oleh karena itu penting melakukan perawatan jok, salah satunya dengan membersihkan. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Senin 21 November 2022, cara ini bisa dilakukan bagi pemilik yang menggunakan jok berbahan kulit.

Terpopuler: Pemotor yang Mudik akan Dikawal, 2 Motor Baru Honda di Indonesia

Ilustrasi jok sepeda motor

Photo :
  • dok. Honda

Cara pertama adalah dengan melakukan pencucian. Lakukan langkah ini jika sewaktu  pemilik mempunyai waktu senggang. Tidak perlu pembersihan secara mendalam, hanya cukup menggunakan kain bersih dan sabun khusus agar kotoran tidak ada kotoran yang menempel.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Setelah melakukan pencucian, jangan lupa untuk membilas hingga bersih dengan menggunakan air. Penting diketahui, ikuti langkah ini minimal seminggu sekali, atau setelah digunakan aktivitas selama seminggu. Hal itu dilakukan agar benda tersebut terawat dengan bersih.

Selain itu, cara selanjutnya adalah hindari menggunakan bahan kasar untuk membersihkannya. Penggunaan alat dengan bahan seperti sapu kecil, lap kasar, dan lain sebagainya, dapat mempercepat proses pengelupasan kulit. Sebaiknya, gunakan lap dengan bahan microfiber saat mengoleskan cairan pelembap atau saat membersihkannya.

Cara ketiga dengan adalah jangan membiarkan jok motor kepanasan. Terkadang, pemilik seringkali memarkir motor di tempat yang panas atau paparan sinar matahari langsung. Hal itu sangat tidak dianjurkan untuk jok motor, karena bisa menyebabkan cat pudar. 

Namun, jika memang sangat terpaksa harus parkir di tempat yang panas dalam waktu yang lama, bisa gunakan cover jok yang dijual pasaran, dimulai harga Rp20 ribu. Benda tersebut juga berfungsi untuk menjaga jok dari cakaran hewan kucing yang kerap menjadi masalah saya ditinggal pergi.

Untuk cara terakhir adalah membersihkan jok dengan menggunakan semir khusus. Langkah ini terbilang efektif untuk jika sang pemilik ingin membuat jok motormu menjadi lebih mengkilap. Perlu diketahui, jangan gunakan semir ban untuk menyemir jok motor karena itu akan membuat kondisi memburuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya