Perhatikan Hal Ini Ketika Mengendarai Motor di Jalan Licin

Berkendara motor di musim hujan
Sumber :

VIVA Otomotif – Saat ini Indonesia mengalami pergantian musim yang tadinya kemarau menjadi penghujan. Hal itu dirasakan di sejumlah wilayah Tanah Air, yang mengalami cuaca hujan terus menerus dengan potensi besar.

Terpopuler: Waktu yang Tepat Ganti Busi Motor, Aerox Bakal Pakai Mesin Nmax Turbo

Adanya pergantian musim, sebagai pemilik motor penting untuk memperhatikan jalan yang dilalui, lantaran kondisi basah dan licin bisa menyebabkan beberapa masalah. Biasanya, salah satu risiko adalah kecelakaan yang kerap terjadi.

Oleh karena itu, sebagai pengendara harus memperhatikan beberapa hal ketika melintasi jalanan lincin untuk meminimalisir risiko. Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Rabu 23 November 2022, berikut hal yang harus diperhatikan, khususnya pengguna sepeda motor dalam melewati jalanan licin.

Tren Pembelian Motor Kredit Meningkat di Indonesia

Emak-emak Ngedrift Pakai Skuter Matik di jalanan licin.

Photo :
  • Screenshot TikTok

Hal pertama adalah dengan menjaga jarak. Jika, dalam perjalanan sedang hujan, penting untuk diingat hal ini pada kendaraan yang berada di depan. Apabila pengendara tidak menjaga jarak, maka bisa menyebabkan kecelakaan dengan pengendara lain, lantaran tidak ada kesempatan untuk mengerem.

Pengguna Motor Ini Bisa Bikin Maling Helm Ketar-ketir di Parkiran

Selain menjaga jarak, penting untuk pengendara motor menyalakan lampu kendaraan. Penting untuk melakukan ini sebagai mengantisipasi kondisi jalanan di depan. Terlebih lagi, di malam hari sangat penting untuk menyalakan lampu agar berhati-hati di jalanan licin.

Hal selanjutnya adalah hindari penggunaan helm dengan kaca gelap. Apabila pengendara nekat menggunakan aksesori ini, maka bisa menyebabkan kecelakaan, lantaran jarak pandang yang kurang jelas. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan kaca yang jelas dan standar nasional indonesia (SNI).

Jangan lupa ketika di jalan yang licin, penting bagi pengendara untuk mengurangi kecepatan. Untuk batas aman, ketika sedang hujan sebaiknya di kisaran 30-40 Km/jam. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan ketika akan menerjang genangan air.

Hal yang terakhir yaitu dengan berhati-hati ketika melintas lubang di jalanan. Banyak kasus kecelakaan terjadi akibat dari pengendara yang memaksa menerobos genangan air, hal itu sangat tidak disarankan apalagi kondisi jalanan yang licin.

Sebaiknya, cari jalan yang alternatif dengan kondisi jalan yang baik agar meningkatkan keselamatan di jalan. Namun perlu diingatkan untuk tidak disarankan menyalip pengendara lain dalam kondisi ini untuk menimalisir tabrakan antara pengendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya