Trik Mudah Merawat Cat Bodi Mobil agar Tetap Mengkilap

Ilustrasi poles dan pelapisan cat bodi mobil
Ilustrasi poles dan pelapisan cat bodi mobil
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA Otomotif – Cat pada bodi mobil penting untuk dirawat, hal itu dikarenakan agar tampilan kendaraan tetap terjaga dengan baik. Jika tidak dilakukan perawatan yang benar, maka cat akan menjadi kusam dan rusak.

Banyak dari pemilik kendaraan roda empat yang kurang memperhatikan bagian tersebut. Padahal merawat cat bodi mobil merupakan suatu hal yang cukup mudah dilakukan.

Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Mypertamina, Rabu 23 November 2022, ada beberapa trik mudah yang bisa pemilik lakukan untuk merawat cat bodi mobil. Trik ini bisa digunakan supaya bagian tersebut agar tetap mengkilap dan tahan lama.

Trik pertama adalah memarkir mobil di tempat yang teduh. Hal itu bertujuan supaya tidak terkena sinar matahari langsung secara berlebihan. Jika terkena sinar matahari secara terus menerus, maka cat dapat memudar. 

Ilustrasi pengecatan bodi mobil

Ilustrasi pengecatan bodi mobil

Photo :
  • Dok: Scuto

Selain sinar matahari, terdapat juga sinar ultraviolet yang bisa mengubah komposisi warna di cat mobil. Oleh karena itu, saat sedang berhenti atau ingin mencari tempat parkir usahakan yang teduh

Untuk trik selanjutnya yaitu gunakan sabun khusus dan kain halus ketika membersihkannya. Biasanya beberapa pemilik mobil, mencuci kendaraan menggunakan sabun colek, deterjen, atau sabun cuci piring yang tidak jelas mereknya.