Cara Aman Membawa Barang Besar Pakai Motor

Pemotor membawa barang berukuran besar.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA Otomotif – Sepeda motor merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kepraktisan dari kuda besi ini membuat populer di kalangan pengguna.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Biasanya, banyak pemilik kendaraan roda dua kerap terlihat membawa barang besar di jalan raya. Sejatinya hal tersebut diperbolehkan saja asal mereka nyaman membawa dan tidak mengganggu pengendara lain.

Namun, saat membawa barang menggunakan sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Lantas apa saja? Dirangkum VIVA dari AstraMotor, Kamis 24 November 2022, berikut hal yang harus diperhatikan ketika membawa barang.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Motor mengangkut banyak barang

Photo :

Hal pertama adalah perhatikan berat barang bawaan. Pastikan tidak mengangkut barang bawaan yang melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor. Untuk itu, perlu dicermati memahami kapasitas yang diberikan oleh masing-masing model motor.

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Apabila pemilik kendaraan membawa barang bawaan melebihi kapastitas, maka bisa menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, yang paling berbahaya bisa menyebabkan risiko meningkatnya kecelakaan di jalan.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yakni lebar barang tidak melebihi setang motor. Jika berkendara dengan membawa barang bawaan di depan, penting membawa barang yang diangkut tidak boleh melebihi panjang dari setang kendaraan.

Pernyataan di atas dilarang, dikarenakan dapat mengurangi ruang gerak pengemudi saat berkendara di jalan. Bahkan bisa berpotensi menyenggol pengguna jalan lain yang mengakibatkan kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Selain tidak melebihi setang, hal lain yang harus diperhatikan adalah barang tidak melebihi tinggi dari pengendara. oleh karena itu, harus memperhatikan dimensi barang bawaan. Sebab hal ini bisa mempengaruhi penglihatan berkendara, dan menyebabkan kecelakaan.

Hal terakhir yaitu ikat barang bawaan dengan kuat, jika ditaruh di belakang. Untuk menghindari kondisi jalanan yang rusak dan membuat barang bawaan hilang keseimbangan (jatuh), sebelum memulai penting untuk memastikan telah mengikat barang dengan kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya