Cara Aman Membawa Barang Besar Pakai Motor

Pemotor membawa barang berukuran besar.
Pemotor membawa barang berukuran besar.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA Otomotif – Sepeda motor merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kepraktisan dari kuda besi ini membuat populer di kalangan pengguna.

Biasanya, banyak pemilik kendaraan roda dua kerap terlihat membawa barang besar di jalan raya. Sejatinya hal tersebut diperbolehkan saja asal mereka nyaman membawa dan tidak mengganggu pengendara lain.

Namun, saat membawa barang menggunakan sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Lantas apa saja? Dirangkum VIVA dari AstraMotor, Kamis 24 November 2022, berikut hal yang harus diperhatikan ketika membawa barang.

Motor mengangkut banyak barang

Motor mengangkut banyak barang

Photo :

Hal pertama adalah perhatikan berat barang bawaan. Pastikan tidak mengangkut barang bawaan yang melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor. Untuk itu, perlu dicermati memahami kapasitas yang diberikan oleh masing-masing model motor.

Apabila pemilik kendaraan membawa barang bawaan melebihi kapastitas, maka bisa menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, yang paling berbahaya bisa menyebabkan risiko meningkatnya kecelakaan di jalan.

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yakni lebar barang tidak melebihi setang motor. Jika berkendara dengan membawa barang bawaan di depan, penting membawa barang yang diangkut tidak boleh melebihi panjang dari setang kendaraan.