Ini Cara Merawat Kaca Film yang Benar agar Tidak Buram

Ilustrasi memasang kaca film
Sumber :
  • Dok: V-Kool

VIVA Otomotif – Kaca film merupakan lapisan yang ditempelkan ke bagian dalam dari kaca mobil. Lapisan yang ditempelkan ini biasanya berwarna lebih gelap, dengan tujuan dapat mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam mobil.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, merawat komponen ini penting untuk dilakukan. Untuk melakukan perawatan pada kaca berbeda dengan bodi, hal itu karena kebersihan kaca mempengaruhi tampilan dan penglihatan pengemudi.

Jika tidak dilakukan perawatan, maka kaca akan buram dan mengganggu penglihatan pengemudi. Hal itu bisa membahayakan jika dibiarkan terus menerus. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari MyPertamina, Kamis 1 Desember 2022, ada beberapa cara mudah, berikut penjelasannya.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Ilustrasi memasang kaca film

Photo :
  • V-Kool

Cara pertama adalah dengan waspada goresan di kaca film. Biasanya komponen ini memiliki fungsi untuk melapisi bagian dalam agar tidak tergores. Jika ada goresan pada kaca film, maka akan mengganggu penglihatan pengemudi. Oleh karenanya, penting untuk menghindari goresan sekecil apapun.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Selain menghindari goresan, cara selanjutnya yakni jaga kebersihan kaca secara rutin. Komponen ini biasanya sangat mudah terkena kotoran mulai dari debu hingga cipratan air. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan sulit untuk dibersihkan.

Maka dari itu harus segera dibersihkan jika terdapat noda kotoran. Untuk cara membersihkannya, pemilik bisa menggunakan lap basah dan mengelapnya sehingga noda yang terdapat di kaca hilang dan tidak meninggalkan goresan.

Cara perawatan lainnya adalah langsung keringkan ketika terkena air hujan. Kaca film yang basah karena hujan biasanya akan mudah terkena jamur. Inilah yang jadi alasan mengapa pemilik harus selalu mengeringkan kaca mobil segera mungkin. 

Untuk perawatan terakhir dengan memeriksa rutin kondisi karet wiper. Bila dirasa sudah keras, maka segera ganti komponen tersebut demi menghindari baret yang bisa merusak struktur kaca dan berdampak pada kaca film.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya