Begini Cara Merawat Head Unit Mobil dengan Mudah

Head unit mobil
Head unit mobil
Sumber :
  • Dok: Asuka

VIVA Otomotif – Head unit mobil merupakan panel hiburan yang berada di bagian tengah dashboard. Fungsi dari benda ini untuk memutar berbagai media mulai dari CD, DVD, koneksi dengan Bluetooth, kabel AUX, USB, dan navigasi.

Oleh karenanya bagi pemilik kendaraan roda empat penting untuk merawat benda ini agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Biasanya, permasalahan yang sering di alami adalah tidak bisa menyala.

Maka dari itu, pemilik wajib merawat head unit agar tetap awet. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari AsuransiAstra, Minggu 4 Desember 2022, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya.

Ilustrasi ganti head unit atau audio mobil.

Ilustrasi ganti head unit atau audio mobil.

Photo :
  • Carbuyer

Cara pertama dengan melakukan menggunakan remote control. Selain berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengatur head unit, penggunaan remote control juga ikut berperan dalam menjaga tombol  atau layar agar lebih awet. 

Maksimalkan penggunaan benda tersebut untuk mengurangi sentuhan jari berlebihan di layar touchscreen terutama jika jari tidak dalam keadaan yang bersih. Jika layar sudah terlanjur kotor, bisa dibersihkan dengan tisu lembap, namun perlu hati-hati melakukannya.

Selain itu, cara selanjutnya adalah mengurangi penggunaan CD tidak orisinal. Hal ini dikarenakan CD bajakan lebih berat dan lebih rendah kualitasnya dibanding CD orisinal. Jadi, usahakan jangan menggunakan CD jenis tersebut apabila ingin head unit awet.

Halaman Selanjutnya
img_title