Begini Cara Merawat Head Unit Mobil dengan Mudah

Head unit mobil
Sumber :
  • Dok: Asuka

VIVA Otomotif – Head unit mobil merupakan panel hiburan yang berada di bagian tengah dashboard. Fungsi dari benda ini untuk memutar berbagai media mulai dari CD, DVD, koneksi dengan Bluetooth, kabel AUX, USB, dan navigasi.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall

Oleh karenanya bagi pemilik kendaraan roda empat penting untuk merawat benda ini agar tidak menyebabkan masalah di kemudian hari. Biasanya, permasalahan yang sering di alami adalah tidak bisa menyala.

Maka dari itu, pemilik wajib merawat head unit agar tetap awet. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari AsuransiAstra, Minggu 4 Desember 2022, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya.

Citroen Luncurkan Mobil SUV Terbaru di Indonesia, Harga Rp200 Jutaan

Ilustrasi ganti head unit atau audio mobil.

Photo :
  • Carbuyer

Cara pertama dengan melakukan menggunakan remote control. Selain berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengatur head unit, penggunaan remote control juga ikut berperan dalam menjaga tombol  atau layar agar lebih awet. 

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Maksimalkan penggunaan benda tersebut untuk mengurangi sentuhan jari berlebihan di layar touchscreen terutama jika jari tidak dalam keadaan yang bersih. Jika layar sudah terlanjur kotor, bisa dibersihkan dengan tisu lembap, namun perlu hati-hati melakukannya.

Selain itu, cara selanjutnya adalah mengurangi penggunaan CD tidak orisinal. Hal ini dikarenakan CD bajakan lebih berat dan lebih rendah kualitasnya dibanding CD orisinal. Jadi, usahakan jangan menggunakan CD jenis tersebut apabila ingin head unit awet.

Untuk menjaga benda ini, pemilik bisa gunakan alternatif media pemutar yang tersedia di head unit. Misalnya gunakan USB dan SD card untuk memutar video dan lagu, tetapi perlu diperhatikan. Hindari menyimpan file terlalu banyak di dalam media tersebut.

Cara lainnya dalam merawat head unit yakni jangan langsung mematikan kontak dalam keadaan on. Meskipun benda ini sudah sudah sangat canggih dan dilengkapi banyak fitur, hindari mematikan kendaraan (off) dalam kondisi head unit masih menyala. Hal ini untuk menghindari rusaknya komponen yang di dalamnya.

Untuk cara terakhir dengan memastikan kondisi aki mobil prima. Apabila komponen tersebut tidak prima atau rusak, bisa menyebabkan pasokan listrik ke head unti maupun ke komponen elektronik lainnya menjadi tidak stabil. Jadi, pastikan merawat komponen aki secara berkala agar tidak terjadi masalah.

Baca berita otomotif menarik lainnya di Google News.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya