Perhatikan Hal Ini Bagi Pengendara Motor saat Melintas dekat Kendaraan Besar

Naik Motor di Dekat Truk.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Otomotif  – Ketika mengendarai sepeda motor, pasti ingin selamat sampai tujuan. Namun, hal tersebut perlu hati-hati dan meminta peraturan lalu lintas yang berlaku. Apalagi saat ini kecelakaan terhadap kendaraan roda dua sering terjadi.

Pengemudi yang Gagal Drift hingga Tabrak Starling dan Ojol Diamankan Polisi

Faktor utamanya terjadi kecelakaan motor, yaitu pengendara tidak fokus saat mengendarai kendaraannya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal ketika sedang berkendara, terutama dekat dengan kendaraan besar.

Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari WahanaHonda, Senin 5 Desember 2022, Ada sejumlah hal yang tidak boleh luput dari ingatan pengendara ketika mengendarai motor di dekat kendaraan besar seperti truk, bus, maupun kontainer.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Naik Motor di Dekat Truk.

Photo :
  • 100KPJ.com

Hal pertama adalah waspadai titik buta. Umumnya kendaraan besar memiliki area buta atau blind spot yang cukup banyak. Alhasil, banyak kendaraan berukuran kecil, termasuk motor, yang akhirnya tidak terlihat oleh pengemudi.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Untuk memastikan pengendara motor tidak berada di blind spot, cobalah tengok ke spion kendaraan besar. Jika bisa melihat wajah sang pengemudi, maka pengendara ada di area yang aman. Namun, perlu diperhatikan untuk tetap menjaga jarak sejauh mungkin dari kendaraan berukuran besar.

Untuk hal selanjutnya yaitu hati-hati dengan terpaan angin. Ketika berada di sekitar kendaraan besar dalam kecepatan tinggi, maka berhati-hatilah dengan hal ini dari kendaraan tersebut. Pasalnya, banyak pengendara yang kurang memperhatikan, dan menyebabkan kecelakaan.

Padahal pengendara motor bisa merasa seolah-akan 'tertiup' sampai kendaraan terasa oleng, dan berisiko membuat terjatuh. Demi keamanan bersama, sebaiknya pengendara mengalah atau mengurangi kecepatan agar bisa berada jauh di belakang kendaraan besar.

Hal terakhir yang penting diketahui adalah kendaraan besar tidak bisa berhenti mendadak. Lain halnya dengan motor yang bisa dihentikan secara mendadak ketika mengendarainya, tidak demikian dengan kendaraan besar seperti truk. 

Saat ini banyak kasus kecelakaan yang terjadi pada kendaraan besar dikarenakan permasalahan rem yang mengalami error atau tidak berfungsi. Oleh karena itu, hindari berada di depan kendaraan tersebut. Sebab jika pengendara motor ngerem mendadak, maka pengemudi di belakang ini tidak bisa mengurangi laju kendaraan secara tiba-tiba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya