Perhatikan Hal Ini Sebelum Liburan Akhir Tahun Naik Mobil

Ilustrasi tune up mesin mobil.
Sumber :
  • Seva.id

VIVA Otomotif – Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan memasuki masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023. Umumnya, beberapa dari mereka yang berkeluarga biasanya melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan mobilitas kendaraan mobil.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Hal itu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu untuk melakukan istirahat panjang dan berkumpul bersama keluarga. Namun, ketika memutuskan menggunakan mobil sebagai transportasi liburan penting untuk mengetahui beberapa hal.

Supaya liburan bisa berjalan lancar, pemilik perlu melakukan persiapan, salah satunya pengecekan komponen mobil. Ada beberapa hal yang diperhatikan pada kendaraan. Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari Daihatsu, Senin 12 Desember 2022, ini persiapan mobil yang wajib diperiksa.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

VIVA Otomotif: Ilustrasi pemeriksaan atau cek ban mobil

Photo :
  • Dok: Auto2000

Hal yang harus diperhatikan pertama adalah penggunaan ban. Salah satu komponen penting ini merupakan yang paling mudah untuk diperiksa. Jika mengalami kekurangan angin atau bocor maka harus segera diatasi, supaya tidak mengganggu saat perjalanan.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Selain ban, pemilik juga harus memperhatikan isi bahan bakar. Diketahui, bensin menjadi sumber tenaga untuk menempuh perjalanan. Usahakan sebelum memulai perjalanan panjang, penting untuk mengecek bahan bakar. Jika terasa kurang, maka segera isi sesuai bahan yang digunakan.

Hal ketiga adalah komponen rem pada mobil. Jika pemilik kedapatan permasalahan minyak rem kering, maka segera untuk diperiksa. Kendaraan yang punya masalah dengan rem sangatlah rawan celaka, maka dari itu pemilik perlu memastikannya dengan baik. Ingat, jangan sampai terdapat kebocoran pada selang rem.

Ilustrasi mesin mobil.

Photo :
  • Dok: Sokoindo Automobile

Untuk hal selanjutnya yakni aki mobil. Pastikan kondisi komponen ini selalu keadaan prima. Apabila mengalami masalah atau rusak, bisa menyebabkan pasokan listrik ke komponen elektronik lainnya menjadi tidak stabil. Jadi, pastikan merawat komponen aki secara berkala, agar tidak terjadi masalah.

Hal terakhir yang tidak kalah penting yaitu lampu. Jika kondisi benda tersebut tidak berfungsi, pengendara tidak bisa mengemudi di malam hari, dan bisa membahayakan kecelakaan. Hal itu dikarenakan fungsi lampu, sebagai penerangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya