Ini Cara Mudah Mengetahui Ban Motor Masih Layak Dipakai atau Tidak

Ban motor IRC RX-02
Sumber :
  • IRC

VIVA Otomotif – Ban merupakan salah satu komponen penting dan jadi bagian dari kendaraan motor yang memiliki fungsi untuk mengontrol arah kendaraan, menunjang bobot, mengurangi risiko selip dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

Sebagai pemilik motor, hendaknya memperhatikan komponen ini dan merawatnya agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Banyak pengguna motor yang hanya melihat kondisi ban dari alur, apakah masih punya alur tebal atau malah sudah gundul.

Hal itu sejatinya tidak masalah, tetapi ada cara yang tepat untuk mengetahuinya. Yakni dengan cara melihat tanda segi tiga TWI (Tread Wear Indicator) yang ada di dinding (sidewall). Posisi dari keberadaan tanda tersebut berada didekat dasar tapak ban.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Mekanik memeriksa ban motor

Photo :
  • Wahana Honda

Segi tiga TWI ini berfungsi sebagai tanda batas aman pemakaian sebuah ban. Batas aman tersebut, menandakan ban sudah aus jika sudah menyentuh tanda segi tiga pada dinding ban.

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Pelayanan dan Customer Service Rumah Ban Motor Pondok Kelapa, Ridwan Adi Saputro mengatakan jika ditarik garis lurus dari tanda segi tiga di sisi ban ke arah ulir ban, akan terlihat semacam benjolan kecil di atasnya.

"Jika benjolan kecil tersebut sudah rata, tandanya ban sudah aus dan sudah harus segera diganti," ujar Ridwa, dikutip VIVA dari WahanaHonda, Rabu 14 Desember 2022.

Perlu diketahui, bagi pengguna sepeda motor penting untuk mengecek tanda ini minimal dua minggu sekali, atau bisa dilakukan saat berbarengan dengan melakukan pengecekan tekanan angin ban.

Jadi, sungguh keliru jika pemilik motor ingin mengganti ban menunggu sampai kembangnya sudah gundul atau diganti karena dirasa sudah licin. Namun, penting juga untuk merawat komponen satu ini.

Untuk cara merawatnya, hanya rutin membembersihkan ban motor. Tips ini dilakukan secara rutin agar menjauhkan kotoran yang menempel di ban. 

Pemilik harus mengingat, kotoran debu atau pasir yang menempel di ban bisa menyebabkan komponen mudah bocor atau pecah. Saat membersihkan ban, sebaiknya gunakan sikat dengan membasahi ban terlebih dahulu dengan air sabun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya