Ini Cara Mudah Mengetahui Ban Motor Masih Layak Dipakai atau Tidak

Ban motor IRC RX-02
Ban motor IRC RX-02
Sumber :
  • IRC

VIVA Otomotif – Ban merupakan salah satu komponen penting dan jadi bagian dari kendaraan motor yang memiliki fungsi untuk mengontrol arah kendaraan, menunjang bobot, mengurangi risiko selip dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sebagai pemilik motor, hendaknya memperhatikan komponen ini dan merawatnya agar tidak mengalami masalah di kemudian hari. Banyak pengguna motor yang hanya melihat kondisi ban dari alur, apakah masih punya alur tebal atau malah sudah gundul.

Hal itu sejatinya tidak masalah, tetapi ada cara yang tepat untuk mengetahuinya. Yakni dengan cara melihat tanda segi tiga TWI (Tread Wear Indicator) yang ada di dinding (sidewall). Posisi dari keberadaan tanda tersebut berada didekat dasar tapak ban.

Mekanik memeriksa ban motor

Mekanik memeriksa ban motor

Photo :
  • Wahana Honda

Segi tiga TWI ini berfungsi sebagai tanda batas aman pemakaian sebuah ban. Batas aman tersebut, menandakan ban sudah aus jika sudah menyentuh tanda segi tiga pada dinding ban.

Pelayanan dan Customer Service Rumah Ban Motor Pondok Kelapa, Ridwan Adi Saputro mengatakan jika ditarik garis lurus dari tanda segi tiga di sisi ban ke arah ulir ban, akan terlihat semacam benjolan kecil di atasnya.

"Jika benjolan kecil tersebut sudah rata, tandanya ban sudah aus dan sudah harus segera diganti," ujar Ridwa, dikutip VIVA dari WahanaHonda, Rabu 14 Desember 2022.

Halaman Selanjutnya
img_title