Ini Penyebab Mobil Berasap Ketika Digas

kabin mobil bau asap rokok
Sumber :

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik kendaraan khususnya mobil penting untuk memperhatikan perawatan. Hal itu dilakukan agar masa pemakaian bisa berumur panjang dan tidak mengalami masalah.

Kia Bakal Luncurkan Banyak Mobil Listrik Baru, Salah Satunya Carens

Pasalnya, banyak dari mereka yang tidak memperhatikan perawatan dan asal digunakan saja. Padahal, jika dilakukan hal tersebut penggunaannya akan terasa nyaman dan mesin tetap berperforma lancar.

Namun, terkadang pemilik pasti pernah mengalami namanya masalah saat mobil digunakan. Salah satunya timbulnya asap ketika melakukan gas atau saat hendak dijalankan. Masalah tersebut biasanya disebabkan komponen yang mengalami kendala, lantaran kurang perawatan.

Pengemudi Mobil Marah-marah Usai Tabrak Dua Motor di Bogor

Mobil diesel berasap tebal.

Photo :
  • Motormobil.net

Untuk mengetahui masalah ini, sangat penting bagi pemilik mengetahui terlebih dahulu apa penyebab masalahnya. Jadi Anda bisa lebih mudah untuk menentukan solusi terbaik dalam mengatasinya.

Biar Aman, Kendaraan yang Ditinggal Mudik Bisa Dititipkan di Kantor Polisi

Lantas, apa saja masalahnya? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Kamis 15 Desember 2022, ketika mobil berasap saat digas biasanya terjadi permasalahan pada sistem pembakaran atau sistem pembuangan mobil. Masalah seperti ini dapat terjadi pada mobil yang jarang melakukan perawatan.

Untuk penyebab pertama adalah masalah pada oli mobil. Apabila bahan ini mengalami bocor ke ruang pembakaran akan menyebabkan bahan bakar tercampur. Akibatnya, pembakaran menjadi tidak sempurna, dan akan menghasilkan asap.

Dikarenakan adanya asap yang muncul akibat masalah ini, pemilik tidak perlu panik. Karena cukup perlu dilakukan pemeriksaan rutin mengenai oli mesin pembakaran untuk menghindari risiko oli yang berkurang banyak.

Selain oli, penyebab lainnya adalah kerusakan pada bagian ring piston. Kendala ini dapat menyebabkan oli masuk ke ruang silinder melalui berbagai jalan seperti seal dan gasket yang berfungsi untuk mencegah ke ruang silinder.

Hal ini terjadi karena kondisi ring piston yang mengalami kerusakan. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan mobil keluar asap saat pertama kali di gas. Untuk itu, melakukan perawatan mobil secara berkala sangat penting Anda lakukan.

Penyebab yang lainnya yaitu terjadi pada PCV (Positive Crankcase Ventilation). Kendala ini dapat menyebabkan mobil berasap saat digas. Diketahui fungsi dari komponen ini untuk mengisap udara panas yang berasal dari mesin menuju intake manifold

Apabila terjadi kerusakan pada bagian tersebut tentu saja akan menyebabkan uap oli dapat ikut terisap. Selain komponen tersebut, ada juga komponen lain yang menyebabkan mobil berasap saat digas, yakni seal klep.

Untuk mengenali kerusakan ini, biasanya asap putih akan muncul ketika kondisi mesin yang belum begitu panas atau pun saat mobil sedang melaju. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi dari seal klep dan takaran volume oli secara berkala, tentu supaya mobil selalu dalam keadaan optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya