Begini Cara Mudah Membersihkan Ruang Mesin Mobil

Ilustrasi memeriksa mesin mobil
Sumber :
  • Carsome

VIVA Otomotif – Sebagai pemilik mobil penting untuk memperhatikan penampilan kendaraanya. Dalam hal ini tidak hanya dari sisi luar (eksterior) saja, tetapi juga bagian dalam penting untuk diperhatikan.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Pada bagian mesin biasanya kerap timbul kotoran dari debu hingga kuman yang diakibatkan kurang perawatan. Jika tidak segera dibersihkan, kotoran yang tadinya hanya berada di luar saja, bisa masuk ke dalam.

Oleh karena itu, membersihkan ruang mesin mobil harus dilakukan secara berkala. Lantas, bagaimana cara mudahnya? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Senin 19 September 2022, ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti untuk membersihkan bagian tersebut.

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Ilustrasi mesin mobil.

Photo :
  • Dok: Sokoindo Automobile

Namun, sebelum itu pemilik harus menyiapkan bahan seperti sikat, kuas, beberapa kain lap, engine degreaser, dan cairan pembersih khusus ruang mesin. Jika sudah menyiapkan bahan-bahan tersebut, langkah pertama dengan memastikan mesin benar dingin.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024

Setelah itu, bersihkan yang ringan terlebih dahulu, bisa memulai dengan debu dan kontoran yang menempel menggunakan kuas. Tidak perlu menggunakan air karena hanya membersihkan kotoran yang ringan.

Jika di rasa sudah bersih, mulai membersihkan bagian komponen-komponen penting di antaranya aki, kap mesin, dan bagian lainnya. Lakukan secara bertahap dengan benar, jangan sampai salah supaya tidak mengalami kerusakan.

Apabila sudah dilakukan secara bertahap dengan benar, jangan lupa untuk mengeringkan bagian yang sudah bersih. Tahap ini sangat penting dilakukan karena mampu menghindari karat yang muncul di bagian komponen mesin. 

Tidak cukup hanya membersihkan kotoran dari ruang mesin. pemilik juga perlu membersihkan bagian depan mesin mobil. Biasanya, proses pembersihan bagian depan perlu melakukan pelepasan grille.

Walaupun memang terkesan lebih sulit, perlu melakukan cara ini karena jika tidak, area pengerjaan menjadi cukup sempit. Hasil akhirnya juga belum tentu maksimal. Sebaliknya, jika pemilik mau melepas grille, hasil pembersihan jauh lebih baik dan menyeluruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya