Cara Aman Liburan Nataru Menggunakan Sepeda Motor

Mengendarai motor matik
Sumber :
  • AHM

VIVA Otomotif – Dalam menyambut masyarakat Indonesia akan memasuki masa liburan Nataru (Natal dan Tahun baru) 2023. Banyak dari mereka biasanya melakukan perjalanan liburan dengan sepeda motor.

Royal Enfield Guerilla 450 Siap Meluncur, Bakal Bersaing dengan Motor Ini

Namun sebelum melakukan hal tersebut, penting bagi pemilik untuk merawat dan menjaga komponen ketika ingin menggunakan berpergian jauh. Hal itu dilakukan, agar ketika dalam perjalanan tidak ada masalah.

Oleh karena itu, pengendara motor perlu memperhatikan safety riding sebelum melakukan perjalanan jauh saat liburan Nataru 2023. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Kamis 22 Desember 2022, ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Punya Harta Rp23 M, Intip Koleksi Kendaraan Ridwan Kamil yang Ditugaskan Maju Pilgub Jakarta

Presiden Jokowi mengendarai motor chopper ke Pelabuhanratu

Photo :
  • Instagram @bengaltea

Pertama, dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan motor sebelum melakukan perjalanan. Mulai melakukan pengecekan pada bagian oli, aki, rantai, lampu, ban hingga rem motor.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Apabila dirasa sudah aman, maka pemilik bisa membawa sepeda motor untuk bepergian. Namun, jika ada salah satu komponen masalah yang sudah disebutkan sebelumnya, hendak untuk segera ditangani agar tidak mengganggu perjalanan.

Selain pengecekan, cara aman selanjutnya yakni pastikan membawa surat-surat kendaraan. Adapun kendaraan yang wajib dibawa seperti STNK dan SIM. Jika, tidak membawa, maka bisa berurusan dengan polisi.

Apabila dirasa sudah siap baik dari komponen motor maupun dokumen, penting bagi pemilik untuk mengamankan diri sendiri ketika perjalanan. Usahakan menggunakan peralatan keselamatan berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, hingga celana panjang.

Jika sudah menyiapkan beberapa hal tersebut, maka pengemudi motor bisa melakukan perjalanan jauh. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk mengisi bahan bakar dengan penuh, agar selama perjalanan tidak kerepotan untuk mencari pom bensin.

Sekadar informasi, ketika melakukan perjalanan liburan dengan sepeda motor. Sebaiknya jangan ngebut dan usahakan kecepatan stabil harus dilakukan agar dapat mengontrol motor. 

Ingat bahwa keselamatan dalam perjalanan nomor satu agar bisa sampai tujuan. Taati rambu lalu lintas di jalan untuk menghindarkan dari masalah, salah satunya kecelakaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya