Liburan Nataru Menggunakan Mobil, Siapkan Uang Segini Untuk Bayar Tol

Kendaraan Melintas di Tol Kalikangkung Semarang Jelang Natal 2022
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Otomotif – Saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki masa libur Nataru (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023). Umumnya, beberapa dari mereka yang berkeluarga biasanya melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan mobilitas kendaraan mobil.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 24 April 2024

Hal itu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu untuk melakukan istirahat panjang dan berkumpul bersama keluarga. Namun, ketika memutuskan menggunakan mobil sebagai transportasi liburan penting untuk mengetahui beberapa hal.

Salah satu hal terpenting ketika dalam perjalanan adalah mempersiapkan dana untuk Tol. Kini, pemilik mobil bisa menggunakan uang elektronik agar bisa mengakses jalanan tersebut, dan wajib terisi sesuai tarif.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

ujicoba tol Semarang-Demak.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Apabila tidak memperhatikan hal ini, bisa saja mengganggu pengendara lain. Biasanya pemilik mobil yang teledor lantaran kehabisan uang tol meminta tolong untuk pengemudi belakang meminjamnya atau mengisi menggunakan m-banking.

Progres Pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 1 Capai 83,85 Persen

Oleh karena itu, harus tahu besaran berapa harga tarif tol saat ini? Dirangkum VIVA dari Buku Saku Jasa Marga Edisi 2022, adapun besaran biaya tol untuk setiap rute berbeda-beda, terutama bagi pengemudi yang berasal dari wilayah Jakarta.

Namun perlu diketahui, jalan Tol memiliki golongan kendaraan dari satu hingga lima. Saat ini yang boleh melintas saat libur Nataru datang dari golongan satu yakni mobil penumpang, bus, dan pick-up.

Bagi yang ingin rute perjalanan dari Jakarta-Tangerang ke Cirebon (GT Ciperna) dibanderol Rp165,500 ribu. Sementara, untuk ke wilayah Semarang (GT Kalikangkung) besaran harganya Rp401.500 ribu.

Kemudian, rute tol Jakarta-Tangerang menuju Yogyakarta (GT Boyolali) menghabiskan dana Rp466.500. Untuk rute terakhir yakni Surabaya (GT Warugunung) dipatok harga Rp766.500.

Perlu diingat, pemilik mobil perlu menyiapkan saldo uang elektronik miminal Rp500 ribu, jika ingin ke Semarang. Sementara untuk rute ke Surabaya siapkan Rp850 ribu, agar ketika ingin membayar tidak ada hambatan dan perjalanan menjadi nyaman.

Sekadar informasi, untuk pengemudi yang ingin berpergian ke Bandung bisa melalui tol Cikopo-Palimanan dengan tarif Rp119 ribu. Harga-harga tersebut sudah ditetapkan oleh Jasa Marga terbaru periode tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya