Begini Cara Mensiasati Macet Mudik Selama Libur Nataru di Puncak

Arus lalu lintas ke Puncak Bogor padat
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Otomotif – Masyarakat Indonesia tengah memasuki masa liburan Nataru (Natal dan Tahun baru) 2023. Umumnya, beberapa dari mereka yang berkeluarga biasanya melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan mobilitas kendaraan.

Ford Fiesta Nekat Tembus Jalur Bromo, Berujung Tersangkut di Rawa

Umumnya di wilayah Jabodetabek banyak para masyarakat melakukan liburan ke Puncak Bogor, Jawa Barat. Hal itu dikarenakan di wilayah tersebut banyak destinasi wisata yang kerap didatangi oleh keluarga selama liburan. 

Bahkan diprediksi akan mengalami peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta ke arah Puncak Alhasil, tempat tersebut mengalami macet akibat penumpukan kendaraan baik dari sepeda motor maupun mobil.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Lalu lintas padat menuju Puncak, Bogor pada libur long-weekend

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Lantas, bagaimana cara mengatasi kemacetan tersebut? Dirangkum VIVA dari Auto2000, Senin 26 Desember 2022, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rawan kemacetan lalu lintas. Berikut caranya;

Kementerian ESDM Ajak Masyarakat Konversi Motor BBM ke Listrik Gratis, Begini Caranya

Pertama, pemilik kendaraan biasakan berangkat lebih awal. Usahakan ketika hendak berpegian, apalagi mau liburan untuk mengatur waktu dengan baik. Umumnya waktu yang sering mengalami kesibukan di jalanan dari mau menjelang siang hingga sore.

Oleh karena itu, ketika ingin berangkat usahakan lebih awal. Menghindari jam sibuk dapat membantu mengurangi kontribusi dalam kemacetan. Hal itu pun membuat perjalanan lebih nyaman, karena tidak habis di jalan saja.

Selain cara tersebut, untuk cara lainnya adalah memanfaatkan teknologi pemantauan. Sistem ini dapat digunakan untuk menyediakan pemantauan lalu lintas di jalan raya secara real time. Bahkan pemilik bisa mendapatkan informasi tersebut melalui media sosial resmi Korlantas Polri.

Dalam informasi tersebut, biasanya mencakup berbagai jenis insiden yang mungkin akan dihadapi seseorang di jalan seperti kemacetan, kondisi cuaca buruk, perbaikan jalan, dan banyak lainnya. Semua informasi dikirim ke smartphone para pengguna jalan. Dengan begitu, mereka akan bisa menghindari berbagai keadaan ini.

Cara terakhir adalah jika benar-benar terjebak kemacetan, pilihan yang sangat baik bergantian untuk mengemudi. Melakukan cara ini bagus untuk mengurangi stres saat mengemudi setiap hari. Tentu hal ini bisa membuat perjalanan lebih nyaman tanpa harus ada beban.

Sekadar informasi, saat ini pihak kepolisian memberlakukan kebijakan one way di kawasan puncak. Tak hanya itu saja, mereka juga menerapkan sistem ganjil genap untuk mengurangi kemacetan.

Sementara itu, untuk malam pergantian tahun baru, di kawasan tersebut akan memberlakukan penutupan total dari 31 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 dengan jadwal mulai 18.00 WIB hingga 06.00 WIB. Nantinya para pengendara tidak diizinkan untuk melewati kawasan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya