Begini Cara Membedakan Suku Cadang Kendaraan Asli dengan Palsu

Ilustrasi onderdil atau suku cadang kendaraan.
Ilustrasi onderdil atau suku cadang kendaraan.
Sumber :
  • DatatraceID

VIVA Otomotif – Saat ini beragam suku cadang palsu bisa dengan mudah ditemukan di pasaran, baik itu di bengkel yang tidak resmi maupun situs jual beli online. Dalam membeli suku cadang kendaraan memang tidak boleh asal-asalnya.

Namun, sebagai pemilik mobil yang cerdas perlu berhati-hati dalam membeli suku cadang. Sebab suku cadang yang palsu dan berkualitas rendah, bisa memicu kerusakan yang lebih parah di kemudian hari. 

Oleh karena itu, banyak hal perlu dihindari saat membeli suku cadang kendaraan agar tidak salah pilih. Lantas, bagaimana caranya? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Selasa 27 Desember 2022, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membedakan yang asli dengan palsu

Suku cadang dan aksesori asli Suzuki

Suku cadang dan aksesori asli Suzuki

Photo :
  • Suzuki Indonesia

Cara pertama dilakukan adalah periksa keterangan detail pabrikan suku cadang. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya harus teliti dengan jeli. Meskipun produk yang dilihat tampak berkualitas dan resmi, selalu pastikan melakukan verifikasi data pabrikan.

Penting diketahui, suku cadang asli oleh OEM dirancang khusus sesuai model dan persyaratan mekanisnya. Namun sebaliknya, jika menggunakan suku cadang tidak resmi atau aftermarket, akan membawa efek jangka panjang yang buruk terhadap kendaraan 

Cara selanjutnya untuk membedakan adalah memiliki garansi. Biasanya suku cadang asli mempunyai garansi dengan masa kedaluwarsa yang beragam, bahkan hingga 12 bulan. Namun, suku cadang palsu juga punya garansi, tapi usianya tak sepanjang dari suku cadang asli.

Halaman Selanjutnya
img_title