Ditinggal Saat Nataru, Ini Tips Agar Sepeda Motor Aman di Rumah

Ilustrasi parkir motor di rumah
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA Otomotif – Banyak dari masyarakat Indonesia yang tengah mempersiapkan untuk libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) 2023. Hal itu dimanfaatkan oleh mereka agar bisa berkumpul dan merayakan libur panjang bersama sanak saudara yang berada di kampung halaman.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Diketahui, salah satu mobilitas untuk bisa ke tempat tujuan yang diinginkan dengan menggunakan kendaraan. Saat ini sebagian dari mereka yang hendak berlibur kerap menggunakan fasilitas transportasi umum, ketimbang kendaraan pribadi.

Hal itu dikarenakan lebih efisien baik dari harga maupun perjalanan yang tidak melelahkan karena menggunakan jasa. Namun, jika melakukan hal tersebut dan meninggalkan motor pribadi di rumah, penting untuk memperhatikan beberapa hal agar aman.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Parkiran motor ditata sesuai model dan warna

Photo :
  • Tangkapan layar

Lantas, apa saja? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Selasa 27 Desember 2022, ada beberapa cara agar motor aman dari maling, saat ditinggalkan di rumah. Cara ini bisa diterapkan sebelum melakukan perjalanan libur Nataru.

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar

Cara pertama yakni menggunakan kunci tambahan. Saat ini sudah dibekali perangkat keamanan dari pabrik seperti penutup kunci berpegangan magnet, namun para pelaku pencurian selalu mempelajari teknologi keamanan motor tersebut.

Oleh karena itu, alangkah baiknya pemilik kendaraan roda dua memberi keamanan tambahan. Adapun kunci keamanan seperti kunci cakram, tombol rahasia, dan sakelar pemutus arus.

Selain hal tersebut, cara selanjutnya adalah mengosongkan tangki bahan. Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan jauh dan meninggalkan sepeda motor di rumah melakukan cara ini.

Lakukan hal tersebut menggunakan alat selang bantu yang dapat menguras isi bahan bakar. Jika melakukan ini pun pemilik bisa mencegah terjadinya karat yang disebabkan bahan bakar tangki yang tidak dioperasikan.

Cara aman meninggalkan motor di rumah dalam waktu yang panjang terakhir dengan mencabut aki. Komponen ini jika tidak dicabut bisa membuat soak karena terus mengalirkan listrik ke komponen sepeda motor. Jadi, sebaiknya pemilik mencabut aki sebelum sepeda motor ditinggal dalam waktu lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya