Sering Diremehkan, Penyakit Ini Bisa Picu Kecelakaan Mobil

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Mengemudikan mobil membutuhkan konsentrasi yang tinggi, serta kondisi fisik yang prima. Jangan sepelekan setiap gangguan yang sedang dialami, termasuk penyakit yang dianggap ringan.

Akhir Kasus Viral Perpanjangan STNK Mobil Pikap Rp 5 Juta karena Pelat Nomor Cantik

Sebab, meski efeknya terasa kecil namun bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut daftar penyakit ringan namun mengganggu yang wajib diwaspadai, dikutip dari keterangan resmi Auto2000, Jumat 30 Desember 2022:

1. Gangguan Pencernaan
Segera perhatikan jenis dari gangguannya, apakah melilit, perih atau hanya nyeri-nyeri saja. Sebaiknya periksakan dan sebaiknya disembuhkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berangkat,

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 10 Mei 2024

Jaga pola makan sebelum jalan, bila kondisi baru dirasakan jangan ragu untuk segera menepi dan menyembuhkannya sebelum melanjutkan perjalanan.

2. Migren atau Sakit Kepala

Perkara Nomor Pelat, Pemilik Mobil Pikap Ini Kaget Diminta Bayar Perpanjang STNK Rp 5 Juta

VIVA Otomotif: Ilustrasi menyetir mobil dalam kondisi sakit

Photo :
  • Driven

Jangan pernah sepelekan sakit kepala, karena meskipun dianggap ringan, tapi berpotensi menjadi lebih parah, apalagi ketika pengemudi kelelahan saat mengemudikan kendaraan.

Ini bisa menjadi pemicu kecelakaan, lantaran konsentrasi berkendara terganggu. Segera hentikan mobil dan minum obat sakit kepala serta beristirahat sampai rasa sakitnya reda.

3. Kram Otot
Kram otot bisa berlangsung selama beberapa detik hingga menit, dan sering kali terjadi pada bagian kaki. Penyebabnya bisa posisi mengemudi yang kurang ergonomis, sehingga menyebabkan cidera atau aktivitas fisik yang tinggi saat itu.

Segera menepi, hentikan aktivitas mengemudi dan stretching untuk melemaskan otot. Jika belum kunjung reda, berikan pijatan halus pada bagian otot yang kram.

4. Iritasi Mata
Meskipun di dalam mobil, bukan berarti pengemudi terhindar dari terpaan debu dan angin. Tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan obat tetes mata sebagai pertolongan pertama. Air mineral bisa digunakan juga dalam kondisi darurat.

5. Asam Urat dan Nyeri Sendi
Rasa sakit yang satu ini akan sangat menyiksa, karena sering menyerang bagian lipatan jari yang harus mengalami kontak langsung saat mengemudi. Segera oleskan salep pereda rasa sakit pada bagian sendi yang terasa nyeri.

6. Flu Ringan

VIVA Otomotif: Ilustrasi menyetir mobil dalam kondisi sakit

Photo :
  • Grabbanddurando

Penyakit ini merepotkan dan mengganggu saat harus bersin, padahal sedang mengemudi mobil. Langkah terbaik adalah menepi dan beristirahat sejenak, untuk meredakan gejalanya. Jika memungkinkan, minta penumpang untuk menyetir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya