Berkendara Motor Saat Jalanan Basah, Perhatikan Hal-Hal Ini

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras.
Pengendara motor melaju di tengah hujan deras.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA Otomotif – Saat ini Indonesia tengah mengalami pergantian musim yang tadinya kemarau menjadi penghujan. Hal itu dirasakan di sejumlah wilayah Tanah Air, yang mengalami cuaca hujan terus menerus dengan potensi besar.

Alhasil, hal tersebut membuat ruas jalan  sering tergenang air atau kondisi aspal basah. Oleh karena itu, sebagai pengendara khususnya sepeda motor penting dan waspadai saat melintasi jalanan kondisi tersebut.

Jika tidak memperhatikan, pengendara bisa berpotensi bahaya jika ban motor mengalami slip atau hilang traksi ban. Kondisi tersebut dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan yang membuat celaka ketika berkendara.

Berkendara motor di musim hujan

Berkendara motor di musim hujan

Photo :

Oleh karena itu, bagi pemilik motor sebaiknya mengetahui beberapa hal ketika berkendara saat kondisi jalanan basah. Lantas, hal apa saja? Dirangkum VIVA dari FederalOil, Rabu 4 Januari 2023, ada beberapa hal yang diperhatikan ketika berkendara dalam kondisi tersebut.

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jawa Timur, Achmad Hilmy memberikan beberapa tips yang perlu dilakukan agar traksi ban tetap terjaga ketika hujan ataupun berkendara di aspal yang basah.

Hal pertama adalah periksa dan pastikan kondisi alur atau kembangan ban masih tebal dan arah putaran ban benar. Fungsi dari itu adalah untuk memecah genangan  air ketika roda melibas permukaan jalan dalam kondisi basah.

Halaman Selanjutnya
img_title