Berkendara Motor Saat Jalanan Basah, Perhatikan Hal-Hal Ini

Pengendara motor melaju di tengah hujan deras.
Sumber :
  • Welovehonda

VIVA Otomotif – Saat ini Indonesia tengah mengalami pergantian musim yang tadinya kemarau menjadi penghujan. Hal itu dirasakan di sejumlah wilayah Tanah Air, yang mengalami cuaca hujan terus menerus dengan potensi besar.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Alhasil, hal tersebut membuat ruas jalan  sering tergenang air atau kondisi aspal basah. Oleh karena itu, sebagai pengendara khususnya sepeda motor penting dan waspadai saat melintasi jalanan kondisi tersebut.

Jika tidak memperhatikan, pengendara bisa berpotensi bahaya jika ban motor mengalami slip atau hilang traksi ban. Kondisi tersebut dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan yang membuat celaka ketika berkendara.

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Berkendara motor di musim hujan

Photo :

Oleh karena itu, bagi pemilik motor sebaiknya mengetahui beberapa hal ketika berkendara saat kondisi jalanan basah. Lantas, hal apa saja? Dirangkum VIVA dari FederalOil, Rabu 4 Januari 2023, ada beberapa hal yang diperhatikan ketika berkendara dalam kondisi tersebut.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Instruktur Safety Riding MPM Honda Jawa Timur, Achmad Hilmy memberikan beberapa tips yang perlu dilakukan agar traksi ban tetap terjaga ketika hujan ataupun berkendara di aspal yang basah.

Hal pertama adalah periksa dan pastikan kondisi alur atau kembangan ban masih tebal dan arah putaran ban benar. Fungsi dari itu adalah untuk memecah genangan  air ketika roda melibas permukaan jalan dalam kondisi basah.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu perhatikan jarak pandang aman. Pandangan mata saat berkendara jauh melihat ke arah yang dituju sehingga bisa menganalisa bahaya sedini mungkin. Apabila pengendara melakukan hal ini dapat menghindarkan dari melakukan pengereman mendadak.

Hal selanjutnya yaitu batasi kecepatan pada kecepatan aman dan jaga jarak aman. Berkendara di kecepatan tinggi saat hujan akan berisiko terjadinya aquaplaning sehingga pengendara mengalami selip dan kehilangan kontrol kendaraan.

"Saat musim hujan pengendara motor wajib menjaga konsentrasi  dan dengan teknik berkendara yang benar serta tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan saat berkendara agar terhindar dari bahaya yang terjadi saat di jalan," ujar Achmad Hilmy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya