Tips Hadapi Kondisi Darurat saat Mengemudi Mobil

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

VIVA Otomotif – Meski sudah dirawat semaksimal mungkin, terkadang mobil bisa saja mengalami kerusakan ketika sedang dikemudikan di jalan raya.

Suzuki Sediakan Aksesori Resmi Jimny 5 Pintu, Ini Daftar Lengkapnya

Oleh sebab itu, penting bagi pengemudi untuk mengetahui bagaimana cara menghadapi kondisi darurat ketika sedang mengoperasikan kendaraan. Berikut panduannya, dikutip dari keterangan resmi Auto2000 Jumat 6 Januari 2023:

1. Kurangi Kecepatan Mobil
Segera kurangi kecepatan mobil dan melaju di lajur paling kiri, untuk memastikan apakah keanehan terus berlanjut.

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Amati panel instrumen untuk melihat indikator kerusakan yang menyala, sebagai pertanda masalah. Perhatikan rambu-rambu di pinggir jalan, supaya tidak memicu kecelakaan.

Pengakuan Eks Pegawai Kementan: Gelontorkan Rp 430 Juta Buat Bayar Alphard SYL

2. Cari Tempat Berhenti yang Aman
Kalau ada petunjuk rest area di jalan tol, arahkan mobil masuk ke tempat itu supaya bisa berhenti dengan aman. Namun jika mengemudi di jalan arteri, bisa mencari tempat umum seperti kantor polisi, tempat ibadah, minimarket, atau pom bensin.

3. Parkir dengan Posisi yang Aman dan Nyaman
Pastikan posisi parkir sudah benar, sehingga tidak mengganggu mobil lain. Sebaiknya parkir di jalan yang rata, untuk memudahkan proses pengecekan kendaraan.

Ketika harus berhenti di bahu jalan,pastikan posisinya aman dengan berpatokan pada garis lurus sebagai pembatas bahu jalan. Pastikan kontur bahu jalan mendukung untuk berhenti, seperti tidak miring atau rusak.

4. Periksa Kerusakan Mobil
Segera hidupkan lampu hazard, ambil segitiga pengaman dari bagasi dan pasang di belakang mobil dengan jarak minimal 5 kali bodi mobil.

Lakukan pengecekan pada bagian yang dicurigai bermasalah. Hati-hati saat memegang komponen mobil, karena kondisinya masih panas terutama di area ruang mesin.

Mobil mogok di jalan.

Photo :
  • U-Report

5. Hubungi layanan Emergency Roadside Assistance
Jika kerusakan cukup berat dan membutuhkan bantuan bengkel, bisa menghubungi Emergency Roadside Assistance. Kasus ringan seperti battery jumper atau mengambil kunci yang tertinggal di dalam mobil, juga dapat dikerjakan.

“Hindari risiko terkena masalah di jalan, dengan melakukan servis berkala di bengkel Auto2000. Segera booking lewat Auto2000 Digiroom dan manfaatkan program promo menguntungkan yang ditawarkan,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya