Warranty dan Garansi Mobil Itu Tidak Sama, Simak Penjelasannya

Ilustrasi diler mobil Toyota
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA Otomotif – Saat membeli mobil dalam kondisi baru di diler, konsumen biasanya akan diberikan informasi berupa warranty dan juga garansi. Banyak yang menganggap, bahwa keduanya adalah istilah yang sama.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Namun ternyata, warranty dan garansi memiliki arti yang berbeda. Hal itu diutarakan oleh Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Menurutnya, warranty merupakan jaminan tertulis atas kualitas produk dan pernyataan tanggung jawab dari produsen untuk memperbaiki atau mengganti produk yang rusak secara cuma-cuma, apabila ditemukan masalah pada desain maupun produksi ketika unit sudah ada di tangan konsumen.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Berlakunya masa warranty, kata dia sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam buku servis atau permintaan dan pemberitahuan khusus produsen mobil. Sementara itu, pengertian dari garansi mobil adalah jaminan atas pengerjaan jasa servis yang dilakukan oleh mekanik pada kendaraan.

Mobil Angkot Andalan Masyarakat Ini Segera Berusia Emas

Khusus di Auto2000, masa garansi yang diberikan yaitu 14 hari setelah pengerjaan servis umum dan untuk perbaikan bodi tiga bulan. Sedangkan untuk unit mobil, masa berlaku warranty di bengkel Auto2000 yaitu tiga tahun atau jarak tempuh 100.000 kilometer, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Waktu tersebut terhitung dimulai dari tanggal penyerahan mobil ke pelanggan. Khusus untuk aki, masa berlaku warranty adalah 12 bulan atau 20.000 mm, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Salah satu hal yang bisa menggugurkan warranty, yaitu tidak melakukan servis berkala sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan di bengkel resmi, yang terdiri atas servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama dan setiap kelipatan 10.000 km atau enam bulan.

Cara mengklaim warranty yaitu dengan membawa mobil dan buku warranty ke bengkel Auto2000 terdekat. Service advisor akan melakukan evaluasi klaim, dan jika sesuai dengan ketentuan maka pihak bengkel akan memulihkan kerusakan dengan cara perbaikan atau mengganti komponen yang rusak.

VIVA Otomotif: Perbaikan bodi dan cat mobil di bengkel Auto2000

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

“Auto2000 berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, dengan menyiapkan warranty dan garansi yang bisa dimanfaatkan,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 11 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya