Spesifikasi Aki Kering Buat Vespa Matic LX, S, Primavera, Sprint dan GTS

Yuasa YTZ8V aki untuk Vespa matic
Sumber :
  • VIVA: Surya Aditiya

VIVA Otomotif – Accu atau Aki merupakan salah satu komponen penting pada sistem kelistrikan Vespa matic. Alat ini adalah sumber listrik yang tegangannya digunakan untuk menghidupkan mesin dan mengalirkan listrik ke seluruh komponen seperti lampu dan klakson.

Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

Untuk menjaga kinerja aki Vespa matic tetap optimal, ada baiknya selalu dilakukan perawatan dan pengecekan secara berkala agar tidak terjadi kendala saat hendak digunakan. 

Aki baru Yuasa untuk Honda PCX dan Yamaha R3

Photo :
  • Cycleworld
Aki Sepeda Motor Mudah Soak? Ini 10 Penyebab dan Solusinya

Diketahui, sebagian besar Vespa matic memakai aki yang sama, namun terdapat kriteria khusus yang harus diketahui. Berikut penjelasan agar Anda tidak salah saat ingin melakukan penggantian aki Vespa matic.

Untuk Vespa matic model LX, S, Primavera, Sprint dan GTS pabrikan sudah membekalinya dengan aki kering Yuasa YTX-7BS dengan spesifikasi 12 Volt 6 Ah. Hal ini berlaku untuk tipe mesin 125/150 cc mulai dari 2V, 3V, sampai i-get.

Daftar Skuter Matik 125cc Terbaru, Mulai Rp17 Jutaan

Meski demikian, untuk Anda yang ingin upgrade pemakaian aki, Anda dapat menggunakan Yuasa YTZ-8V dengan spesifikasi 12 Volt 7 Ah. Untuk pilihan merek, Anda juga dapat memilih yang sesuai dengan selera atau ketersediaan.

Intinya, spesifikasi yang tertera pada aki tersebut harus memiliki kesamaan dengan spesifikasi yang telah disampaikan di atas.

Lebih lanjut, untuk model Vespa GTS 300 atau Vespa mesin 4V leader dan quasar disarankan untuk menggunakan aki kering yang lebih besar. Misalnya dengan Yuasa YTX-12BS dengan spesifikasi 12 Volt 10 AH atau Yuasa YTX-14BS 12 Volt 12 Ah.

Perbedaan ini bukan hanya dilihat dari kapasitas mesinnya saja, melainkan beberapa fitur, sensor atau teknologi yang dipakai berbeda dari Vespa matic pada umumnya, sehingga membutuhkan spek aki yang lebih besar.

Itu tadi spesifikasi aki kering yang dapat digunakan motor Vespa matic agar Anda terhindar dari kesalahan saat membeli.

Yuasa YTZ8V aki untuk Vespa matic

Photo :
  • VIVA: Surya Aditiya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya