Tips Aman Mengemudi Mobil dalam Kondisi Ban Bocor

Ilustrasi ban mobil kempis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Otomotif – Momen kurang beruntung seperti kebocoran ban, bisa terjadi kapan saja. Terkadang kita harus mengemudi dengan kondisi tersebut, hingga menemukan tempat yang aman untuk melakukan penggantian.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Namun, apakah aman mengemudi dengan ban bocor? Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengemudi dengan ban bocor dengan aman, dikutip dari laman resmi Hyundai Indonesia, Senin 3 April 2023:

Periksa Tekanan Ban
Saat mengemudi dengan ban bocor, pastikan untuk memeriksa tekanan ban. Isi ban dengan tekanan lebih, untuk memastikan tidak kempis sepenuhnya saat tiba di tempat tambal ban.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Namun, periksa kondisi kebocoran ban. Jika kebocoran cukup parah, periksa tekanan ban lebih sering supaya tidak kempis sebelum mencapai tujuan.

Ilustrasi mengecek tekanan ban.

Photo :
  • Dok: Pertamina
Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Kurangi Kecepatan
Ketika mengemudi dengan ban bocor, perhatikan kecepatan mobil. Jangan mengendarai mobil dengan kecepatan terlalu tinggi, karena hal ini dapat mengubah pengendalian mobil dan mempengaruhi stabilitas kendaraan.

Selain itu, ban yang kempis dapat terseret dan merusak ban dengan lebih cepat. Jagalah kecepatan kendaraan pada kecepatan moderat.

Jangan Rem Mendadak
Ketika mengemudi dengan ban bocor, hindari melakukan pengereman mendadak. Hal ini dapat membuat mobil menjadi tidak stabil dan mengganggu keseimbangan kendaraan. Rem dengan lembut dan hindari rem mendadak untuk memastikan kendaraan tetap stabil.

Jangan Overload
Overload dapat memperburuk kondisi ban bocor. Jika Anda harus mengangkut muatan, pastikan untuk tidak melebihi batas muatan yang dianjurkan. Hal ini dapat membantu mengurangi beban pada ban dan memperpanjang masa pakai ban.

Segera Perbaiki Ban
Meskipun mengemudi dengan ban bocor aman dalam kondisi tertentu, namun pengemudi disarankan untuk segera memperbaikinya, setidaknya dengan cara ditambal. Jika memungkinkan, gantilah ban dengan ban cadangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya