Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Air Wiper Mobil

Semprotan air wiper.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA Otomotif – Air wiper mobil yang tidak keluar dapat mengganggu penglihatan dan keamanan saat berkendara, terutama pada kondisi kaca kotor.

Mengejutkan Ini Harta Berjalan Teuku Ryan Setelah Ditinggal Ria Ricis

Namun, masalah ini tidak selalu disebabkan oleh habisnya air wiper di dalam reservoir. Masih banyak faktor lain yang menyebabkan permasalahan tersebut terjadi.

Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, Kamis 6 April 2023, penyebab utama dari air wiper mobil yang tidak dapat keluar adalah adanya masalah pada selang penyalur air wiper.

Viral Aksi Mobil Seruduk Warung Makan Pinggir Jalan, Sejumlah Motor Ringsek dan Pengunjung Luka

Kotoran yang menumpuk di bagian selang, kebocoran, atau selang yang terlepas dari tempatnya, dapat mempengaruhi aliran air wiper.

Ilustrasi mengisi cairan wiper.

Photo :
  • Youtube
Belum Punya Gaji Segini Jangan Mimpi Kredit Kijang Innova Zenix

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengecek bagian selang secara rutin, membersihkan selang yang kotor, atau mengganti selang yang bocor dengan selang yang baru.

Selain itu, masalah juga bisa terjadi pada bagian motor penggerak air wiper. Kondisi motor penggerak air wiper yang aus atau mati dapat menghambat keluarnya air wiper. Anda bisa mengecek kondisi motor penggerak air wiper dengan mendengarkan suara mesin saat menekan tombol air wiper.

Jika suara dengungan tidak terdengar, maka motor penggerak air wiper sudah aus atau mati. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghubungi bengkel resmi terdekat.

Masalah pada sistem kelistrikan mobil dan komponennya juga bisa menjadi penyebab air wiper yang tidak keluar. Periksa di bengkel resmi, demi memastikan kerusakan tidak merembet ke bagian lainnya.

Selain itu, kerusakan pada switch wiper dan penyumbatan pada nozzle air wiper juga dapat mempengaruhi aliran air wiper. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti sekring yang rusak dengan sekring yang baru, atau membersihkan bagian selang dan tangki air wiper.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya