Jangan Panik, Lakukan Ini saat Saldo e-Toll Habis di Tengah Perjalanan Mudik Lebaran

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA Otomotif – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah pemudik pada mudik Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang. Angka itu naik dari 85,5 juta orang dibanding mudik Lebaran 2022.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Untuk Anda yang berencana mudik menggunakan mobil pribadi, disarankan untuk lebih dulu mengetahui informasi mengenai daftar jalan tol. Ini diperlukan agar Anda dapat mengantisipasi saldo di kartu elektronik atau e-Toll cukup.

Ilustrasi kemacetan di gerbang tol

Photo :
  • Twitter @TMCPoldaMetro
Soal Utang Rafaksi Minyak Goreng ke Pengusaha, Kemendag: Mudah-mudahan Mei Selesai

Umumnya, saat melakukan perjalanan mudik yang diikuti jutaan orang tersebut, ada saja kendala yang dihadapkan, salah satunya adalah saldo e-Toll tidak cukup atau habis saat ingin melakukan tapping pembayaran di gerbang tol.

Melansir lamanan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Senin 17 April 2023. Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

Pertama, Anda dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol Cetak Struk. Dengan menekan tombol bantuan tersebut, petugas akan datang membantu.

Lebih lanjut, Anda dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-Toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Mungkin kartu akan diisi ulang secara langsung atau juga diminta membayar secara tunai.

Kemudian, Anda dapat melakukan Top up saldo e-Toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-Toll yang digunakan.

Penting untuk diketahui, ketika saldo e-Toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara tidak disarankan mengganti kartu yang berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos dan dikenakan denda sebesar 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

Pastikan sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya juga dapat melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing.

Kemacetan Panjang di Pintu Masuk Tol Brebes-Batang

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya