6 Tips Aman dan Nyaman Saat Mudik Lebaran 2023 Pakai Motor

Ilustrasi Pemudik menggunakan sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

VIVA Otomotif – Mudik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan perjalanan dari penduduk kota atau tempat tinggal yang sementara ke kampung halaman atau tempat asal pada saat hari-hari tertentu seperti Idul Fitri.

Di depan Hotman Paris, Keluarga Beberkan Kronologi Sebelum Vina Tewas

Kegiatan mudik ini biasanya dilakukan untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman dan merayakan hari raya bersama. 

Mudik sering menjadi momen yang dinanti-nanti oleh orang-orang, terutama mereka yang merantau jauh dari kampung halaman.

Ternyata Bus Juga Wajib Servis Rutin, Hitungannya Beda dengan Mobil

Namun, perlu diingat bahwa mudik juga bisa menjadi tantangan dalam hal keamanan dan keselamatan perjalanan, terutama bagi yang memakai motor.

Nah, berikut adalah tips mudik aman pakai motor yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa 18 April 2023.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

1. Pastikan Kondisi Kendaraan

VIVA Otomotif: Ilustrasi touring motor

Photo :
  • Dok: PTPL

Poin ini sangat penting untuk diperhatikan apalagi kamu akan menempuh perjalanan yang jauh. Lakukan perawatan motor dan minta teknisi untuk memeriksa kondisi kendaraan kamu sehingga bisa dipastikan semua bekerja dengan baik. Periksa ban, oli, baterai, sistem kelistrikan, rem, dan komponen penting lainnya sebelum memulai perjalanan.

2. Gunakan Perlengkapan yang Nyaman

Pemudik motor mulai padati jalur Pantura Cirebon.

Photo :
  • tvOne-Erfan Septyawan

Jika biasanya kamu hanya berkendara dengan memakai helm dan baju serta celana untuk keperluan harian, maka perlengkapan yang mumpuni saat mudik sangat direkomendasikan. Kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan kondisi cuaca. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

3. Patuhi Lalu Lintas

Pemudik motor mulai padati jalur Pantura Cirebon.

Photo :
  • tvOne-Erfan Septyawan

Kamu harus memperhatikan dan menaati peraturan lalu lintas. Rambu lalu lintas yang dipasang benar-benar ditujukan untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Jangan lupa pakai helm yang nyaman dan sesuai dengan standar keselamatan. Pastikan helm tidak rusak atau retak dan membawa dokumen penting, seperti surat izin mengemudi, STNK, dan KTP.

4. Jangan Membawa Beban Berlebihan

Ilustrasi Pemudik menggunakan sepeda motor

Photo :
  • ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Penting untuk kamu agar tidak membawa barang berlebihan. Ingat, kendaraan roda dua hanya untuk dua orang saja dalam kondisi ideal. Maksimal barang yang bisa dibawa supaya tidak mengganggu perjalanan adalah dua ransel. Pastikan beban yang dibawa tidak melebihi kapasitas sepeda motor dan tidak mengganggu keseimbangan kendaraan.

5. Istirahat yang Cukup

Sorot Jalur Mudik - Program mudik gratis untuk pengguna sepeda motor

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

Istirahat secara teratur selama perjalanan untuk menghindari kelelahan dan mengembalikan konsentrasi supaya kamu terhindar dari kecelakaan. Jangan berkendara dalam keadaan mabuk atau terpengaruh oleh obat-obatan terlarang. Kemudian pastikan kamu membawa persediaan air dan makanan yang cukup untuk perjalanan.

6. Berkomunikasi dengan Keluarga

Mudik motor

Photo :
  • U-Report

Terakhir yang tidak kalah penting adalah menjalin komunikasi dengan keluarga. Selalu berkomunikasi dengan keluarga atau teman kamu selama perjalanan dan beri tahu mereka rute yang akan kamu tempuh. Jangan lupa untuk memberi tahu mereka jika kamu sudah tiba di tujuan dengan selamat.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya