5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Rusak Baut Roda Mobil

Ilustrasi dongkrak mobil
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Baut roda mobil adalah salah satu komponen penting yang memegang peran vital dalam menjaga keselamatan berkendara. Namun, baut roda juga bisa mengalami kerusakan, terutama jika tidak dirawat dengan baik.

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 2 Mei 2024

Baut roda yang rusak bisa menyebabkan roda mobil menjadi goyang, dan dapat menyebabkan kecelakaan. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan baut roda menjadi rusak, dikutip dari laman Hyundai Indonesia Sabtu 22 April 2023:

1. Penggunaan Impact Gun yang Berlebihan
Salah satu faktor utama penyebab baut roda menjadi rusak dan slek adalah penggunaan impact gun yang berlebihan.

Bluebird Kenalkan Armada Taksi Listrik Baru di PEVS 2024

Impact gun adalah alat yang digunakan untuk melepas dan memasang baut/mur roda dengan cepat. Namun, jika digunakan dengan tenaga yang terlalu besar, dapat merusak baut roda dan membuatnya menjadi sulit untuk dibuka.

Ilustrasi pelek dan ban mobil.

Photo :
  • Webcartop
Kecelakaan di Tol Japek, Avanza Kebakar Mobil Pikap Terbalik

2. Kencangnya Baut dan Mur Roda
Meskipun sebaiknya baut dan mur roda ditarik dengan cukup kencang, namun terlalu kencang juga dapat menyebabkan kerusakan pada baut roda. Terlalu kencang dapat menyebabkan baut roda menjadi rusak dan sulit dilepas.

3. Penggunaan Mur Aftermarket
Modifikasi mobil memang menjadi tren bagi beberapa orang. Namun, penggunaan mur aftermarket dapat menyebabkan kerusakan pada baut roda.

Terutama jika menggunakan mur yang terbuka (open ended), karena air mudah masuk ke area baut dan mur. Hal ini dapat membuat baut roda menjadi berkarat dan sulit dilepas.

4. Ketidaksesuaian Baut dan Mur
Penggunaan baut dan mur yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil dapat menyebabkan kerusakan pada baut roda. Hal ini dapat terjadi ketika baut dan mur yang dipilih terlalu kecil atau terlalu besar untuk velg mobil.

Baut yang terlalu kecil dapat membuat baut roda menjadi slek, sedangkan baut yang terlalu besar dapat merusak pelek mobil.

5. Pemasangan yang Tidak Benar
Pemasangan baut dan mur yang tidak benar dapat menyebabkan baut roda menjadi rusak. Pemasangan yang tidak benar dapat terjadi jika baut dan mur tidak dipasang dengan benar atau jika baut dan mur yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya