Tips Hidupkan Mesin Motor yang Ditinggal Mudik Lebaran

Ilustrasi parkir motor di rumah
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA Otomotif – Tidak semua orang mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor, ada yang naik mobil dan tidak sedikit juga yang memanfaatkan transportasi umum.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Ketika sudah kembali ke rumah, tidak jarang kuda besi yang dibiarkan berhari-hari sulit untuk dihidupkan mesinnya. Hal ini biasanya dialami oleh motor, yang usianya sudah cukup lama.

Dikutip dari laman Wahana Honda, Kamis 27 April 2023, ada tips yang bisa diterapkan untuk menghidupkan mesin motor yang ditinggal dalam waktu cukup lama. Trik ini hanya khusus untuk model, yang masih dilengkapi dengan starter engkol.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Cek kondisi bahan bakar
Pastikan bahan bakar yang ada di dalam tangki masih dalam kondisi baik. Jika bahan bakar sudah berumur, sebaiknya kosongkan tangki dan isi dengan bahan bakar yang baru.

Ilustrasi tutup tangki bensi sepeda motor

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali
Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

Cek sistem kelistrikan
Pastikan aki dalam kondisi baik dan terisi penuh. Jika aki sudah lemah, sebaiknya diisi ulang atau diganti dengan yang baru.

Cek kondisi ban
Pastikan ban dalam kondisi baik dan tidak kempes. Jika ban kempes, sebaiknya diisi ulang dengan angin sebelum digunakan.

Cek oli mesin
Pastikan oli mesin dalam kondisi yang baik dan cukup dalam jumlah yang sesuai. Jika perlu, ganti oli mesin dengan yang baru.

Engkol mesin
Sebelum menghidupkan mesin, engkol mesin dengan tujuan untuk mengedarkan oli di dalam mesin. Engkol mesin sekitar 10 sampai 15 kali tanpa menarik gas.

Hidupkan mesin
Setelah engkol mesin, hidupkan mesin dan biarkan berjalan selama beberapa menit tanpa menarik gas terlalu dalam.

Cek suhu mesin
Pastikan mesin sudah mencapai suhu yang cukup sebelum digunakan. Jangan langsung memacu motor dengan suhu mesin dingin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya