Tips Aman Mengendarai Motor di Tanjakan dan Turunan

Sorot Jalur Mudik - Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA Otomotif – Mengendarai sepeda motor di jalur tanjakan dan turunan merupakan tantangan tersendiri bagi para pengendara.

Kawasaki Ninja ZX-25R dan ZX-4RR di Indonesia Kena Recall karena Masalah Rangka?

Selain harus meningkatkan kewaspadaan, keterampilan dan kesabaran juga diperlukan untuk melewati jalur ini dengan aman dan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu pengendara dalam mengatasi tanjakan dan turunan dengan lebih mudah, dikutip dari laman Astra Honda Motor, Jumat 28 April 2023:

Cara Blokir Kendaraan Online biar Terhindar Pajak Progresif

Memasuki Jalur yang Menanjak
Pada saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan. Turunkan kecepatan secara bertahap ketika mendekati puncak/jalan datar.

Honda Roadventure

Photo :
  • Dokumentasi Astra Honda Motor
Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Sebelum memasuki jalan menanjak, manfaatkan akselerasi atau momentum dengan menambah gas jauh sebelum jalan menanjak dengan memperhatikan kondisi jalan.

Kurangi kecepatan ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah terangkatnya roda depan saat mencapai ujung tanjakan.

Memasuki Jalur yang Menurun
Pada saat akan memasuki jalan menurun, sebaiknya kurangi kecepatan jauh sebelum memasuki jalan menurun yaitu dengan menurunkan gas dan pertahankan kecepatan sepeda motor dengan menggunakan rem depan/belakang.

Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem depan/belakang.

Postur Berkendara yang Tepat
Saat di jalur tanjakan, posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan cengkraman yang kuat terhadap permukaan jalan. Demikian pula pada saat berkendara jalur turunan, posisikan postur badan condong ke belakang.

Berhenti di Tanjakan
Ketika harus berhenti di tanjakan, komposisi rem belakang sebaiknya lebih besar yang berguna untuk menahan gaya dorong kendaraan ke belakang.

Hindari posisi di belakang kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus namun bila terpaksa harus berada di belakang kendaraan besar ambil posisi yang aman seperti di sebelah kiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya