Siap-siap Kaget, Ini Efek Campur Nitrogen dengan Angin Biasa di Ban Motor

Isi angin pakai nitrogen.
Sumber :
  • Toyota

VIVA Otomotif – Nitrogen merupakan senyawa yang memiliki sifat stabil dan dingin, sehingga penggunaannya pada ban motor dapat memberikan beberapa manfaat, seperti menjaga tekanan angin pada ban menjadi lebih stabil dan suhu di dalam ban tidak terpengaruh oleh suhu di luar.

Contraflow Jadi Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya, Pakar: Jalur yang Mematikan

Namun apabila nitrogen dicampur dengan udara biasa pada ban motor, maka dapat menyebabkan dampak negatif pada performa ban. Berikut adalah beberapa dampak nitrogen campur angin pada ban motor, dikutip dari laman Wahanahonda, Selasa 2 Mei 2023:

1. Penurunan efektivitas nitrogen

Viral Pemilik Mobil Masukkan Telur Mentah ke Radiator, Cara Darurat Atasi Kebocoran?

Nitrogen memiliki sifat stabil dan dingin, yang membuatnya efektif dalam menjaga tekanan angin pada ban tetap stabil.Tapi jika dicampur dengan udara biasa, maka manfaatnya akan menurun atau bahkan hilang. Ini karena nitrogen akan tercampur dengan udara biasa dan kestabilannya akan terpengaruh oleh sifat-sifat udara biasa.

2. Kenaikan suhu di dalam ban

Hindari Contraflow Jika Jam Terbang Menyetir Masih Kurang, Berbahaya!

Isi angin nitrogen.

Photo :
  • www.welovehonda.com

Nitrogen memiliki sifat dingin yang dapat menjaga suhu di dalam ban motor tetap stabil. Namun, jika nitrogen dicampur dengan udara biasa, suhu di dalam ban dapat meningkat secara drastis. Ini dapat mengakibatkan ban menjadi keras dan berpengaruh pada daya cengkram ban pada jalan.

3. Kerusakan pada ban

Nitrogen pada ban motor juga berperan dalam menjaga suhu ban agar tidak terlalu panas dan mengurangi gesekan antara ban dan jalan. Namun, jika nitrogen tercampur dengan udara biasa, suhu di dalam ban bisa meningkat dan dapat menyebabkan ban menjadi cepat rusak atau bahkan pecah.

4. Keselamatan berkendara

Dampak dari nitrogen campur angin pada ban motor juga dapat berpengaruh pada keselamatan berkendara. Jika ban tidak stabil dan terlalu keras, maka kemampuan untuk menahan gesekan dengan jalan menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya kontrol dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa nitrogen tidak bercampur dengan udara biasa pada ban motor.

Pastikan untuk menguras seluruh udara di dalam ban sebelum mengisi nitrogen, serta menggunakan nitrogen yang berkualitas baik dan diisi oleh teknisi yang berpengalaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya