Mengenal Highway Hypnosis, Pemicu Kecelakaan di Jalan Raya

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Highway Hypnosis atau hipnosis jalan raya adalah sebuah kondisi, di mana pengemudi mengalami kehilangan kesadaran saat berkendara di jalan raya dalam jarak yang cukup jauh.

Sri Mulyani Ungkap Mood dan Fokus Para Pembuat Kebijakan Keuangan Global Lagi Begini

Kondisi ini terjadi karena pengemudi terlalu fokus pada tugas berkendara yang monoton dan terus-menerus, tanpa adanya rangsangan yang berarti.

Hal ini dapat menyebabkan pengemudi tidak mampu merespons perubahan dalam situasi jalan yang mungkin mengancam keselamatan dirinya dan pengguna jalan lainnya.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Kondisi highway hypnosis umumnya terjadi pada pengemudi yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan kecepatan konstan, atau dalam situasi lalu lintas yang sangat padat.

Ilustrasi jalan tol

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Selain itu, dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia pada Rabu 3 Mei 2023, kurangnya istirahat dan pola tidur yang tidak teratur juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kondisi ini.

Bahaya highway hypnosis sangat serius dan dapat berakibat fatal. Pengemudi yang mengalami kondisi ini dapat kehilangan kendali dan menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Selain itu, kecelakaan yang disebabkan oleh highway hypnosis seringkali terjadi pada jalan tol atau jalan raya yang memiliki kecepatan tinggi, yang dapat meningkatkan risiko keparahan dan jumlah korban jiwa.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengemudi untuk menghindari kondisi highway hypnosis dengan melakukan beberapa hal. Pertama, pastikan untuk selalu istirahat dan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Pastikan juga untuk melakukan istirahat secara berkala selama perjalanan, minimal setiap 2 jam sekali. Selama perjalanan, pastikan juga untuk tetap fokus pada situasi jalan dan berusaha memperhatikan lingkungan sekitar.

Terakhir, sangat penting untuk mengenali gejala highway hypnosis sejak dini dan segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.

Gejala highway hypnosis dapat termasuk kehilangan fokus, kelelahan, atau merasa kantuk saat berkendara. Jika mengalami gejala ini, sebaiknya segera berhenti untuk beristirahat atau meminta bantuan orang lain untuk mengambil alih kendali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya