Hal Sepele Ini Bisa Bikin Sunroof Mobil Rusak

Ilustrasi sunroof
Sumber :
  • Dok: Webasto

VIVA Otomotif – Sunroof atau atap kaca pada mobil, telah menjadi salah satu fitur yang semakin populer di kalangan penggemar otomotif.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Pabrikan otomotif melengkapi beberapa lini mobil dan tipe mereka, dengan sunroof maupun panoramic sunroof agar terlihat lebih mewah layaknya kendaraan impor.

Fitur ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih menarik dan memberikan sensasi terbuka saat berada di dalam mobil.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Namun, dikutip dari laman Hyundai Indonesia Rabu 10 Mei 2023, penting untuk memahami cara merawat dan menggunakan sunroof dengan benar agar tetap berfungsi dengan baik dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Ilustrasi sunroof

Photo :
  • Dok: Webasto
Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Dalam kondisi tertentu, terutama saat cuaca sedang panas di siang hari, sunroof seringkali tertutup dan jarang digunakan. Hal itu tidak direkomendasikan untuk dilakukan dilakukan secara terus menerus. Sebab, bisa mengakibatkan kerusakan.

Kasus-kasus di mana sunroof macet dan tidak mau dibuka, seringkali disebabkan oleh jarangnya penggunaan fitur tersebut. Salah satu penyebab utamanya adalah karet yang sudah getas, sehingga menghambat pergerakan.

Ketika sunroof macet, perbaikannya tidaklah semudah yang mungkin kita bayangkan dan bisa memerlukan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, disarankan agar sunroof dibuka dan ditutup secara rutin.

Penting untuk memahami bahwa sunroof, seperti komponen lainnya pada mobil, membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap berfungsi dengan baik.

Selain dibuka turup, pastikan juga untuk membersihkan sunroof secara teratur. Gunakan sabun mobil yang lembut dan air bersih untuk membersihkan kacanya.

Hindari penggunaan bahan kimia abrasif atau sikat kasar yang dapat merusak permukaan sunroof. Selain itu, pastikan saluran air di sekitar bagian tersebut tetap bersih dan tidak tersumbat oleh kotoran.

Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kondisi karet sunroof. Jika melihat tanda-tanda karet yang sudah getas, retak, atau rusak, segera ganti karet tersebut. Karet yang rusak dapat menyebabkan kebocoran air saat hujan atau menghambat pergerakan sunroof.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya